25 Anggota DPRD Kaur Terpilih Ditetapkan KPU, Siapa Calon Terkuat Jadi Ketua?

Avatar Of Wared
25 Anggota Dprd Kaur Terpilih Ditetapkan Kpu, Siapa Calon Terkuat Jadi Ketua?
Komisioner KPU Kaur Divisi Sosialisasi dan SDM, Jailani S.Pd Saat Memberikan Keterangan

Satujuang- hari ini Kamis (2/5/24) akan secara resmi menetapkan 25 anggota dewan terpilih di DPRD masa jabatan 2024-2029.

Sebanyak 25 anggota DPRD pilih dari pemilihan legislatif yang dilaksanakan 14 Februari 2024, akan mulai bertugas pada bulan September 2024 mendatang

25 Anggota Dprd Kaur Terpilih Ditetapkan Kpu, Siapa Calon Terkuat Jadi Ketua?

Ketua KPUD , Mukhlis Aryanto S.Kom MAP melalui Komisioner Divisi dan SDM, Jailani S.Pd menyampaikan bahwa penetapan 25 anggota DPRD terpilih ini merupakan tahapan terakhir dari semua rangkaian proses pemilihan legislatif 2024.

Baca Juga :  Kerap Bertemu, Jokowi dan Prabowo Diindikasi Ada Kepentingan

Disebutkannya bahwa 25 anggota DPRD terpilih ini sesuai dengan nama-nama pada hasil rekapitulasi penghitungan suara ditingkat .

“25 anggota DPRD terpilih ini nanti setelah ditetapkan secara resmi sudah dapat dilantik, dimana proses itu kemudian dilakukan oleh daerah tingkat 1,” terang Jailani.

Baca Juga :  Dian Sri Mayawati Dukung Prabowo-Gibran, Fokus Tingkatkan UMKM Kota Blitar

Dari 25 anggota DPRD terpilih yang akan ditetapkan, menarik untuk diikuti siapa yang akan ditetapkan sebagai unsur pimpinan di DPRD .

Jika merujuk Undang-Undang MD3, maka 3 kader partai yang berhak menjadi unsur pimpinan di DPRD berasal dari Partai untuk menduduki posisi Ketua, untuk posisi Wakil Ketua 1 dan untuk posisi Wakil Ketua 2.

Baca Juga :  Safari Ramadhan, Ketua DPD Golkar Mukomuko : Puasa itu Tempaan

Jika mengacu pada dasar dan rumah tangga, Basarudin sebagai calon legislatif terpilih dan juga merupakan pengurus DPD Partai mempunyai peluang terkuat untuk menjadi Ketua DPRD . (Tas)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News