Hukum  

7 Bulan Kabur, Buronan Nomor Satu Thailand Ditangkap di Bali

Avatar Of Tim Redaksi
7 Bulan Kabur, Buronan Nomor Satu Thailand Ditangkap Di Bali
Ilustrasi

Satujuang- Pelarian Chaowalit Thongduang, buronan nomor satu Thailand, berakhir di setelah 7 bulan melarikan diri.

Narapidana kasus ini ditangkap di pada Kamis (30/5). Perdana Menteri Thailand, Srettha Thavisin, mengonfirmasi penangkapan tersebut berdasarkan laporan dari Menteri Kehakiman Tawee Sodsong.

7 Bulan Kabur, Buronan Nomor Satu Thailand Ditangkap Di Bali

Kolonel Pol Tawee, bersama tim dari Kepolisian Thailand dan pejabat terkait, segera bertolak ke untuk menjemput Chaowalit.

Dalam melalui video call, Chaowalit mengaku terpojok dan diperintahkan untuk menyerahkan diri ke sistem peradilan dengan jaminan keselamatan dari Kolonel Tawee.

Baca Juga :  Pelaku Penganiayaan Ojol Akhirnya Tewas Usai Dikeroyok

Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadivhubinter) , Irjen Krishna Murti, juga mengonfirmasi penangkapan Chaowalit, menyebut bahwa rincian penangkapan akan disampaikan dalam rilis khusus oleh Bareskrim dan otoritas Thailand.

Chaowalit, yang menjalani hukuman karena percobaan dan berbagai tuntutan pidana lainnya, termasuk kepemilikan senjata api, melarikan diri dari Rumah Sakit Maharaj Nakhon Si Thammarat pada 22 Oktober 2023.

Meskipun sempat terlibat baku tembak dengan polisi, dia berhasil melarikan diri hingga akhirnya diketahui meninggalkan Thailand dengan speedboat.

Baca Juga :  Diduga Lakukan Tindak Pemerasan, Dua Warga Lebong Ditangkap

Di , Chaowalit menggunakan identitas palsu sebagai warga bernama Sulaiman.

Ia berpura-pura bisu karena tidak bisa berbicara bahasa lokal. Selama di , dia tinggal di dan , di mana dia akhirnya ditangkap di sebuah apartemen di Kabupaten Badung.

Selain Chaowalit, dua warga juga diamankan oleh Polda karena memfasilitasi pelariannya, termasuk membuatkan palsu.

Penangkapan ini dilakukan oleh tim Divhubinter yang dipimpin Kombes Audie S Latuheru. Saat ini, Chaowalit tengah diperiksa oleh tim gabungan di Bareskrim untuk mendalami keterlibatannya dengan jaringan di .

Baca Juga :  Polsek Maje Beri Pengamanan Peringatan Kenaikan Isa Al Masih

Penangkapan ini mengakhiri pelarian Chaowalit yang menjadi buronan paling dicari di Thailand, dan akan segera diekstradisi kembali untuk menjalani hukuman penjara seumur hidup yang telah dijatuhkan secara in absentia pada 25 Desember.(Red/detik)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News