80 Persen Penyakit Saluran Pencernaan Sudah Bisa Ditangani RSMY Bengkulu, Termasuk Tumor

Avatar Of Wared
80 Persen Penyakit Saluran Pencernaan Sudah Bisa Ditangani Rsmy Bengkulu, Termasuk Tumor
Dokter Spesialis Bedah Digestif RSMY, dr.Pasihulizan Sp.B.KBD

Satujuang- Saat ini, pelayanan bedah Digestif di Rumah Sakit Umum Daerah M.Yunus () sudah bisa menangani 80 persen penyakit saluran pencernaan sehingga tidak perlu dirujuk ke pusat lainnya.

Di pasien akan dilayani Dokter Spesialis Bedah Digestif, dr.Pasihulizan Sp.B.KBD, yang didampingi para perawat yang profesional yang sudah terlatih dibidangnya masing-masing, dari perawat kemoterapi hingga perawat yang sudah pelatihan melakukan tindakan laparoskopi.

80 Persen Penyakit Saluran Pencernaan Sudah Bisa Ditangani Rsmy Bengkulu, Termasuk Tumor

Disediakan Poliklinik sebagai fasilitas untuk pasien yang kontrol atau berobat pertama kali. Untuk tingkat lanjut, sudah ada pelayanan operasi seperti bedah pencernaan, kemoterapi untuk keganasan pada saluran pencernaan, dan layanan unggulan mereka yaitu bedah laparoskopi (minimal invasif).

Baca Juga :  Kadis Dikbud Jadi Narasumber Saat Wisuda UT
80 Persen Penyakit Saluran Pencernaan Sudah Bisa Ditangani Rsmy Bengkulu, Termasuk Tumor
Tindakan Operasi Yang Dilaksanakan Tim Pelayanan Bedah Digestif

Pelayanan bedah digestif saat ini sudah bisa mengatasi penyakit saluran pencernaan mulai dari tenggorokan, lambung usus 12 jari, sistem liver dan saluran empedu, serta sistem usus besar dan usus halus.

Kemudian infeksi saluran pencernaan, jenis tumor jinak dan ganas di saluran pencernaan, penyakit pada saluran empedu dan penyakit pada dinding perut seperti hernia. Terbanyak penyakit batu empedu, infeksi saluran pencernaan dan tumor atau usus.

Fasilitas unggulan pelayanan Digestif saat ini yaitu Laparoskopi set yang merupakan alat operasi dengan minimal invasif (luka kecil), sehingga operasi di dalam perut saat ini hanya memerlukan luka kecil di dinding perut.

Baca Juga :  Gubernur Rohidin Hadiri Acara Buka Bersama ICMI Bengkulu, Ingatkan Hal Ini

Jika dulu tindakan operasi diperlukan membuka dinding perut 10-15 cm, dengan alat Laparoskopi set, dokter hanya perlu membuat tiga titik kecil lubang yang berukuran di bawah satu senti kemudian memasukkan kamera yang dihubungkan dengan monitor.

80 Persen Penyakit Saluran Pencernaan Sudah Bisa Ditangani Rsmy Bengkulu, Termasuk Tumor
Jadwal Pelayanan Bedah Digestif

Pelayanan bedah Digestif saat ini mereka rutin melaksanakan operasi pengangkatan batu dan kantong empedu, operasi usus buntu, eksplorasi saluran empedu, pengangkatan tumor dari usus halus maupun khusus besar.

Sejauh ini, hanya butuh 1 sampai 2 hari saja dilakukan perawatan pasca operasi pasien sudah bisa pulang. Hanya untuk kondisi tertentu saja pasien dirawat lebih lama.

Baca Juga :  Wagub Rosjonsyah Tekankan Perlunya Peningkatan Koordinasi dan Inovasi Soal Ini

Kabar baiknya lagi karena merupakan rumah sakit tipe B, maka sudah bisa melayani rujukan dari seluruh wilayah di . Proses rujukannya sama seperti yang lain, bisa dari Dokter atau Puskesmas terdekat.

Poliklinik bedah Digestif melayani hari Senin, Rabu dan Jumat, sedangkan pelayanan operasi pada Selasa, Kamis dan Sabtu. Pelayanan mulai dari pukul 08.00 hingga 12.00 siang. (Red/Adv)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News