Bahaya!!! Jika Kamu Tidur Setelah Makan Sahur

Avatar Of Arief

– Bangun pagi saat sahur di bulan merupakan satu hal yang tidak biasa bagi kebanyakan orang. hal ini akan menyebabkan rasa kantuk setelah melaksanakan shalat shubuh.

Ada kebiasaan buruk sebagian masyarakat yang tidur kembali setelah makan sahur dan shalat shubuh, hal ini tentunya tidak baik dari sisi dan bisa menimbulkan bahaya.

Bahaya!!! Jika Kamu Tidur Setelah Makan Sahur

Berikut ini beberapa bahaya tidur setelah makan sahur.

1. Gangguan Pencernaan

Dalam kondisi normal, proses pengososngan lambung bisa mencapai dua jam setelah makan. Jika setelah makan langsung tidur dan dalam posisi berbaring maka akan memperlambat proses pengosongan lambung.

Jika hal tersebut terus menerus terjadi, maka bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare hingga sembelit.

Baca Juga :  Apresiasi Festival Lagu Daerah, Rohidin : 'Luar Biasa'

Oleh karena itu, untuk menghindari risiko tersebut, lebih baik lakukan aktifitas ringan setelah sahur dan perbanyak makan dan di saat sahur.

2. Asam Lambung

Tidur sesaat setelah makan dapat menimbulkan gangguan sistem pencernaan sehingga tidak bekerja dengan benar sehingga menyebabkan naiknya asam lambung.

Apabila makanan tidak dicerna dengan baik, maka otomatis lambung memproduksi asam lambung lebih banyak untuk mempercepat proses pencernaan.

jika asam lambung berlebih dan dalam posisi tidur, bisa saja asam lambung akan naik ke kerongkongan dan menyebabkan luka.

Selain itu, asam lambung bisa menyebabkan sakit di ulu hati dan terasa panas seperti terbakar di bagian dada.

Baca Juga :  Miliki Sabu, Petani Kaur Ditangkap

3. Meningkatkan Risiko Obesitas

Jika seseorang tidur seusai makan sahur, maka makanan yang masuk ke lambung akan sulit dicerna oleh lambung.
Hal tersebut akan semakin parah jika menu sahurnya didominasi oleh karbohidrat, lemak dan olahan gorengan.

Tubuh manusia hanya membutuhkan sedikit energi ketika tidur, itulah mengapa makanan yang dimakan setelah sahur tidak langsung dicerna dan disimpan sehingga menjadi lemak yang bisa meningkatkan risiko obesitas.

4. Berisiko Diabetes

Tidur setelah makan sahur juga bisa meningkatkan naiknya kadar dalam darah secara drastis. hal ini tentu akan meningkatkan risiko diabetes pada seseorang.

Oleh karenanya, untuk bisa menghindari risiko diabetes tersebut sebaiknya pilih menu sahur yang bisa mengurangi darah, rendah lemak jenuh dan perhatikan sumber karbohidrat yang dimakan.

Baca Juga :  Ternyata Makan Jeroan Baik Untuk Kesehatan

5. Stroke

Bahaya lainnya yang mengintai seseorang yang tidur setelah makan sahur adalah Stroke yang merupakan penyakit yang ditakuti banyak orang.

Stroke terbagi menjadi dua, Stroke Penyumbatan dan Stroke Pendarahan.

Tidur setelah sahur bisa menyebabkan Stroke Penyumbatan. Hal ini karena supali aliran darah ke otak menjadi terganggu dan tidak sesuai yang dibutuhkan otak.

Dalam jangka panjang, jika kebiasaan tidur setelah sahur ini dilakukan maka akan menyebabkan Stroke karena otak kekurangan oksigen dan terjadi penyumbatan pembuluh darah. (Tb)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News