Bawaslu RI Pastikan Integritas Pemilu Legislatif 2024 Terjaga

Avatar Of Tim Redaksi
Jelang Pemilu 2024, Ini Tugas Bawaslu Sebagai Pengawas Pemilu Bawaslu Ri Pastikan Integritas Pemilu Legislatif 2024 Terjaga
kantor Bawaslu

Satujuang- Badan Pengawas () RI memastikan tidak ada pelanggaran dalam proses tindak lanjut Komisi Pemilihan Umum () RI terhadap perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) pada Legislatif 2024.

Anggota RI, Puadi, menekankan pentingnya mengantisipasi dan meminimalisir dugaan pelanggaran terkait pemutakhiran data pemilih serta netralitas aparatur sipil negara (), Sabtu (15/6/24).

Bawaslu Ri Pastikan Integritas Pemilu Legislatif 2024 Terjaga

Puadi menyoroti hubungan birokrasi yang dekat dengan potensi pelanggaran , sambil menekankan perlunya pemetaan yang akurat untuk mencegah dan menanggulangi pelanggaran netralitas .

Baca Juga :  Pengamat Politik Sebut Kaesang Dapat Ungguli PKS di Depok

RI juga menegaskan komitmen untuk menjaga integritas penyelenggara dalam melaksanakan putusan Mahkamah Konstitusi (MK), termasuk dalam pengawasan pemungutan suara ulang (PSU), penghitungan surat suara ulang (PSSU), serta pencermatan data.

Sebelumnya, MK telah menangani 106 perkara PHPU Pileg 2024 dengan hasil 44 perkara dikabulkan dan 58 ditolak, dari total 297 perkara yang diregister MK.

Baca Juga :  DPC PDIP-P Kabupaten Blitar Populerkan Senam SICITA

Keputusan MK termasuk pemungutan suara ulang, penghitungan ulang, dan penetapan hasil berdasarkan temuan yang dihasilkan.

Perkara yang dikabulkan mencatat peningkatan signifikan dibanding 2019, menunjukkan intensitas penanganan yang lebih besar dari pihak berwenang terhadap perselisihan hasil pemilihan umum.(Red/antara)