Biznet Luncurkan BNCS-1, Jaringan Fiber Optic Bawah Laut Terdepan

Avatar Of Tim Redaksi
Biznet Luncurkan Bncs-1, Jaringan Fiber Optic Bawah Laut Terdepan
Biznet Luncurkan BNCS-1, Jaringan Fiber Optic Bawah Laut Terdepan

Satujuang- Biznet, sebuah perusahaan infrastruktur digital memulai pembangunan kabel fiber optic bawah laut pertama mereka yang dikenal sebagai Biznet Nusantara Cable System-1 (BNCS-1).

Proyek ini melibatkan pembangunan jaringan sepanjang sekitar 100 km yang menghubungkan Pulau Jawa, Sumatra, dan Bangka.

Biznet Luncurkan Bncs-1, Jaringan Fiber Optic Bawah Laut Terdepan

BNCS-1 terdiri dari 24 pair (48 core) fiber optic menggunakan teknologi terbaru Dense Wavelength Division Multiplexing (DWDM), Kamis (20/6/24).

Kabel fiber optic ini memiliki kapasitas yang mengesankan, dengan setiap pair mampu mengirimkan data hingga 38.4 Tbps, dan total kapasitas jaringan mencapai 921.6 Tbps. Investasi dalam pembangunan ini mencapai sekitar Rp 3,2 triliun atau 200 juta dolar.

Baca Juga :  Juara 1 O2SN, Rifqi dari Gowa Wakili Sulsel ke Tingkat Nasional

Tujuan utama proyek ini adalah untuk mengurangi kesenjangan digital antar pulau di dan meningkatkan akses internet berkecepatan tinggi, mendukung transformasi digital di seluruh wilayah.

Selain membangun kabel, Biznet juga menetapkan fasilitas Biznet Cable Landing Station atau Biznet MarinePOP sebagai gerbang utama untuk menghubungkan jaringan fiber optic antara pulau di dan dunia.

Baca Juga :  Kasdam IV/Diponegoro Lantik 567 Mantan Siswa Jadi Prajurit Dua

Fasilitas ini tidak hanya meningkatkan kapasitas dan kecepatan koneksi internet, tetapi juga berfokus pada keberlanjutan dengan menggunakan energi terbarukan seperti solar dan angin.

Biznet juga menunjukkan komitmen mereka dalam Corporate Social Responsibility (CSR) dengan memberikan layanan internet gratis selama 1 tahun kepada 100 kepala yang berada di sekitar Biznet MarinePOP.

Baca Juga :  Warga Papua Dikejutkan Kabar Meninggalnya Lukas Enembe

Dengan terus melakukan ekspansi dan peningkatan infrastruktur seperti yang ditunjukkan dengan BNCS-1, Biznet bertujuan untuk memperkuat konektivitas digital di serta memfasilitasi digitalisasi dan modernisasi yang lebih luas di masyarakat.(Red/kumparan)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News