BMKG: Awal Bulan Ini Ada Kemarau Panjang di Indonesia

Avatar Of Tim Redaksi
Peringatan Cuaca Ekstrem, Potensi Banjir Dan Tanah Longsor Melanda Indonesia Bmkg: Awal Bulan Ini Ada Kemarau Panjang Di Indonesia Prakiraan Cuaca Indonesia Hari Ini, Mayoritas Daerah Diliputi Awan Peringatan Banjir Rob Bmkg, Wilayah Pesisir Indonesia Siaga Hingga 13 Juli 
BMKG

Satujuang- BMKG memprediksi bulan Juni akan menjadi awal kemarau panjang di tanpa adanya fenomena seperti tahun-tahun sebelumnya.

Analisis menunjukkan bahwa kondisi kering telah mulai memasuki wilayah bagian selatan.

Bmkg: Awal Bulan Ini Ada Kemarau Panjang Di Indonesia

Prediksi BMKG menyatakan sekitar 23,89 persen dari 167 Zona Musim (ZOM) akan memasuki musim kemarau pada bulan ini.

Baca Juga :  Ngobrol Bareng KPU Provinsi Bengkulu, Giat Sosialisasi Peran Pemilu Demi Persatuan

Awal musim kemarau ditetapkan berdasarkan jumlah curah hujan kurang dari 50 milimeter dalam satu dasarian, diikuti oleh dua dasarian berikutnya.

Indeks NINO 3.4, zona utama pemantauan , menunjukkan nilai +0,28 yang tidak signifikan terhadap peningkatan hujan di (Netral).

Dwikorita menyatakan bahwa tidak akan ada pada musim kemarau kali ini. Meskipun demikian, sejumlah wilayah di , terutama bagian selatan garis ekuator, diprediksi akan mengalami curah hujan lebih rendah dari normalnya.

Baca Juga :  Polres Mukomuko Gelar Apel Serpas Persiapan Pilkades

Hilangnya meningkatkan potensi kehadiran La Nina, yang membuat musim kemarau kali ini berpotensi basah.

Meskipun tren ke arah La Nina terlihat, belum ada kesimpulan pasti. dan La Nina merupakan bagian dari -Southern Oscillation (ENSO) yang melibatkan perubahan suhu permukaan laut di Samudera Pasifik tropis bagian tengah dan timur.(Red/CNN)