BMKG: Hari Ini Sejumlah Provinsi di Indonesia Alami Hujan Lebat dan Angin Kencang

Avatar Of Tim Redaksi
Bmkg: Hari Ini Sejumlah Provinsi Di Indonesia Alami Hujan Lebat Dan Angin Kencang
Hujan Deras

Satujuang- BMKG memperingatkan sebagian besar provinsi di mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat dan angin kencang.

Dilansir dari antara, daerah-daerah yang secara khusus rentan terhadap hujan lebat dan angin kencang termasuk , , Bangka Belitung, , .

Bmkg: Hari Ini Sejumlah Provinsi Di Indonesia Alami Hujan Lebat Dan Angin Kencang

Selain itu juga DKI , , Jambi, , , Barat, Selatan, , , Kalimantan Utara, dan , Sabtu (6/1/24).

Lalu Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, , Barat, , Sulawesi Barat, , Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, , dan juga diingatkan akan potensi ekstrem.

Baca Juga :  Abang Tidar Cabang Kabupaten Tegal Periode 2023-2028 Dilantik

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi ekstrem di beberapa wilayah hingga satu minggu ke depan, yaitu dalam periode 3-10 Januari 2024.

Guswanto menegaskan bahwa analisis terkini menunjukkan adanya kondisi dinamika atmosfer yang dapat memicu ekstrem di sejumlah wilayah.

Baca Juga :  Aliansi Pers Bengkulu Desak Gubernur dan Pimpinan DPRD Evaluasi Sekretaris Dewan

Faktor seperti Monsun Asia Musim Dingin yang dikaitkan dengan musim angin baratan menjadi pemicu potensi ekstrem di beberapa wilayah .

Ia menyebutkan bahwa dampak Monsun Asia sudah terlihat dengan peningkatan massa udara basah di sekitar , memprediksi pertumbuhan awan hujan intensif selama bulan Januari.

Lebih lanjut, Guswanto menjelaskan bahwa aktivitas Madden Jullian Oscillation (MJO) juga telah memasuki wilayah , yang dalam satu minggu ke depan dapat secara tidak langsung meningkatkan potensi hujan sedang hingga lebat di beberapa wilayah.

Baca Juga :  Ini Solusi Untuk Guru Honorer Yang Tidak Jadi ASN PPPK 2022

Penguatan kondisi ini didukung oleh adanya aktivitas gelombang Rossby di wilayah bagian barat yang diantisipasi bertahan hingga lima hari mendatang.

Masyarakat dihimbau untuk mengambil tindakan pencegahan dan tetap waspada terhadap perubahan yang mungkin terjadi dalam rentang waktu tersebut.

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News