BMKG Ingatkan Tentang Sesar Lembang, Potensi Dampak dan Cara Meminimalisasi

Avatar Of Tim Redaksi
Bmkg Ingatkan Tentang Sesar Lembang, Potensi Dampak Dan Cara Meminimalisasi Bmkg: Hujan Ringan Hingga Sedang Melanda Kota-Kota Besar Di Indonesia Pekan Ini
BMKG

Satujuang- BMKG memperingatkan tentang potensi dampak yang mungkin dihasilkan oleh Sesar Lembang terhadap rumah-rumah di sekitar Raya.

Dalam sebuah diskusi daring yang berjudul ‘Pemetaan Sesar Pulau Jawa Serta Mitigasi Risiko Bencana Geologi', Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan BMKG, Rahmat Triyono, menggambarkan skenario yang bisa terjadi akibat Sesar Lembang.

Bmkg Ingatkan Tentang Sesar Lembang, Potensi Dampak Dan Cara Meminimalisasi

“Berdasarkan Pemetaan Peta Sumber dan Bahaya Pusat Studi (Pusgen), sesar dengan panjang 30 km ini memiliki potensi magnitudo maksimum 6,8,” ungkap Rahmat.

Baca Juga :  Wali Kota Semarang Geram, Namanya Dicatut Oknum Dalam Bantuan UMKM dan Penerimaan Non CPNS

Ia menjelaskan bahwa jika terjadi dengan kedalaman pusat 10 km, dampaknya akan dirasakan di Barat, Kota Cimahi, , dan Purwakarta dengan skala MMI (Modified Mercalli intensity) VI sampai VII.

Rahmat mengingatkan pentingnya rumah yang memenuhi syarat tahan . Kerusakan sedang diperkirakan akan terjadi jika bangunan memenuhi standar, seperti memiliki struktur dan kolom yang memadai.

Baca Juga :  Sinergitas TNI Polri di Bajarnegera Siap Melayani Masyarakat

“Namun, jika bangunan tidak memenuhi standar tersebut, kerusakan yang parah bisa terjadi,” imbuhnya.

Hal ini menjadi kritis karena berdiri di atas bekas danau purba. Meskipun jarak antara Sesar Lembang dan Kota lebih dari 7 kilometer, wilayah bisa mengalami goncangan yang kuat karena tanahnya yang lunak.

Baca Juga :  Mendikbudristek Apresiasi Program Sekolah Jurnalisme Indonesia dan Praktisi Mengajar

Penjelasan ini menggarisbawahi urgensi untuk meningkatkan ketahanan bangunan terhadap di kawasan tersebut.(NT/cnn)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News