BMKG Peringatkan Cuaca Ekstrem, Ini Daerah-daerah Terdampak

Avatar Of Tim Redaksi
Bmkg Lakukan Modifikasi Cuaca Untuk Atasi Karhutla, Ini Lima Provinsi Yang Terlibat  Bmkg Peringatkan Potensi Cuaca Ekstrem Di 23 Provinsi Indonesia Ini Bmkg Peringatkan Cuaca Ekstrem, Ini Daerah-Daerah Terdampak Update Cuaca Hari Ini, Berawan Di Beberapa Daerah
BMKG

Satujuang- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait cuaca ekstrem yang akan melanda sebagian besar wilayah Indonesia.

Potensi cuaca ekstrem mencakup hujan lebat, petir, dan angin kencang, yang disebabkan oleh adanya sirkulasi siklonik di Samudra Hindia Barat Bengkulu pada Minggu dan Senin (8/7/24).

Bmkg Peringatkan Cuaca Ekstrem, Ini Daerah-Daerah Terdampak

Sirkulasi ini membentuk daerah pertemuan dan konvergensi angin yang dapat memperkuat pertumbuhan awan hujan di sejumlah wilayah Indonesia.

BMKG memperinci bahwa daerah-daerah konvergensi meliputi sepanjang Laut Jawa hingga Selat Sunda, sebagian Samudra Hindia selatan Sumatera, serta pesisir barat Bengkulu.

Baca Juga :  Bidang Logistik PPK Gambir Terima 361.875 Surat Suara

Selain itu, terdapat konvergensi lain dari Timur hingga Tengah, serta dari Utara hingga Sabah, Sulawesi Tengah hingga Sulawesi Barat, Teluk Tomini hingga Sulawesi Tengah, dan di Papua bagian Tengah.

Di samping itu, terdapat juga daerah pertemuan angin (konfluensi) di sekitar Laut Jawa dan Laut Filipina.

Berikut adalah wilayah-wilayah yang berpotensi terpengaruh pada Minggu, 7 Juli 2024: Aceh, Sumatera Utara, , Kepulauan , Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung.

Baca Juga :  Terkait Bantuan Alat PCR dari Pemerintah Pusat, Bupati Mian Gelar Rakor

Kemudian Lampung, , , DKI Jakarta, Jawa Tengah, , Tengah, Utara, Timur, Selatan, Sulawesi Utara, , Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat.

Lalu ada Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Utara, , , dan Papua. Sedangkan memiliki potensi hujan, petir, dan angin kencang.

Pada Senin, wilayah-wilayah yang berpotensi cuaca ekstrem termasuk Aceh, Sumatera Utara, , Kepulauan , Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, , , Jawa Tengah, , Tengah.

Baca Juga :  Polisi Lakukan Pembinaan Masyarakat di Desa Kampung Baru Rejang Lebong

Kemudian ada Utara, Timur, Selatan, Sulawesi Utara, , Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Utara, , , dan Papua.

Sementara Jambi dan Sumatera Selatan memiliki potensi hujan, petir, dan angin kencang. Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur berpotensi mengalami angin kencang.(Red/kompas)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News