Bupati Rini Syarifah Serah Terima dan Resmikan Palang Pintu Kereta Api JPL 176

Avatar Of Wared
Bupati Rini Syarifah Serah Terima Dan Resmikan Palang Pintu Kereta Api Jpl 176
Bupati Blitar Potong Pita Tanda Peresmian Palang Pintu Kereta Api JPL 176

Satujuang – Bupati Hj Rini Syarifah hadiri serah terima dan Palang Pintu Kereta Api JPL 176 CSR PT Wantech Jaya di Nusantara JPL 176 Kelurahan Bence Kecamatan Garum , Selasa (4/6/24).

Agenda ini prioritas Kabupaten (Pemkab) dengan tujuan peningkatan keselamatan pada perlintasan sebidang yang berada di kabupaten dan desa yang telah menjadi kewenangan dari Pemda.

Bupati Rini Syarifah Serah Terima Dan Resmikan Palang Pintu Kereta Api Jpl 176

“Jumlah yang cukup banyak menjadi beban yang cukup berat bagi daerah. Oleh karena itu perlu dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak baik pusat, provinsi, maupun dunia usaha,” kata Mak Rini panggilan akrab Bupati .

Mak Rini juga menyampaikan terima kasih serta apresiasi pada PT Wantech Jaya yang telah menjalankan tanggung jawab social perusahaan dengan memberikan kontribusi nyata pembangunan di .

Baca Juga :  Bupati Blitar Dampingi Gubernur Jatim Ziarah ke Makam Soekarno

Menurut Mak Rini, pembangunan ini merupakan langkah penting dalam menjawab tantangan persoalan dalam upaya peningkatan keselamatan bagi pengguna .

“Dengan pembangunan palang pintu dan pos jaga, mobilitas masyarakat akan semakin lancar memberikan dampak positif bagi perekonomian local dan kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Lebih lanjut Mak Rini mengatakan, total perlintasan kereta api di sebanyak 69 perlintasan, terdiri dari 62 perlintasan sebidang dan 7 perlintasan tidak sebidang berupa underpass/flyover.

Dari 62 titik perlintasan kereta api tersebut sebanyak 10 perlintasan telah dijaga oleh petugas KAI dan berpalang pintu, 3 titik telah dilakukan normalisasi/penutupan bersama PT KAI.

Baca Juga :  Bupati Blitar Buka Workshop Kelompok Kerja Kepala TK

“Sedangkan sebanyak 49 perlintasan masih belum berpalang pintu,” paparnya.

Sehingga pemkab perlu adanya peningkatan keselamatan perlintasan sebidang untuk meningkatkan keselamatan masyarakat dalam melakukan aktifitas sehari-hari guna mendukung perekonomian daerah.

Penyerahan CSR palang pintu dan pos jaga ini merupakan bagian dari rencana peningkatan keselamatan oleh yang dilakukan pada tahun 2024.

Pemkab akan menerima peningkatan keselamatan di 2 perlintasan dari Provinsi melalui Dinas Perhubungan Provinsi , pembangunannya pada awal bulan Juli ini.

“Kami usulkan lagi pembangunan 5 perlintasan di wilayah Kab .
Jadi total pembangunan pos jaga dan palang pintu perlintasan kereta api dalam kurun waktu 2023 sampai dengan 2024 yaitu 15 lokasi JPL, sehingga dari 49 lokasi JPL, masih terdapat 34 titik JPL yang masih memerlukan perhatian serius dari semua pihak,” pungkasnya.

Baca Juga :  Berhasil Tekan Inflasi, Bupati Blitar Kembali Raih TPID Award

Untuk diketahui, Pemkab
akan mengusulkan kegiatan Peningkatan Keselamatan Perlintasan Sebidang Kereta Api ke dalam Program Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) dan Program Prioritas pada Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2025, yakni:

  1. Mengajukan permohonan dukungan pembangunan melalui APBD Dinas Perhubungan Provinsi ,
  2. Mengajukan permohonan dukungan pembangunan melalui CSR,
  3. Menganggarkan pembangunan melalui APBD ,
  4. Serta Mengusulkan kepada KAI untuk normalisasi (penutupan) JPL bagi kendaraan roda 4 pada perlintasan yang memiliki luas kurang dari 2 meter.

(ADV/kmf/Herlina)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News