Dampak Serangan Siber PDNS 2, Kominfo Blokir Akses Internet ke Kamboja dan Filipina

Avatar Of Tim Redaksi
Dampak Serangan Siber Pdns 2, Kominfo Blokir Akses Internet Ke Kamboja Dan Filipina
Dampak Serangan Siber PDNS 2, Kominfo Blokir Akses Internet ke Kamboja dan Filipina

Satujuang- Pusat Data Sementara (PDNS) 2 di mengalami serangan siber yang menyebabkan gangguan berbagai layanan publik, termasuk layanan imigrasi.

Serangan ini terjadi sejak 20 Juni dan telah mempengaruhi 210 instansi baik di pusat maupun daerah.

Dampak Serangan Siber Pdns 2, Kominfo Blokir Akses Internet Ke Kamboja Dan Filipina

Meskipun belum ada bukti langsung tentang keterkaitannya dengan langkah menutup akses internet terkait online di Filipina dan Kamboja.

Baca Juga :  Kapolda Jateng Beri Bantuan 427 Yatim dan Piatu Akibat Covid- 19

Direktur Jenderal Informatika , Semuel Abrijani Pangerapan, menyatakan bahwa tim forensik sedang menyelidiki lebih lanjut.

Berdasarkan informasi dari Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian, serangan siber terhadap PDNS 2 menggunakan ransomware Brain Cipher, yang merupakan versi terbaru dari ransomware Lockbit 3.0.

Baca Juga :  PC PMII Kabupaten Asahan Audiensi Dengan Bupati Asahan

Sementara itu, melalui telah memutuskan untuk memblokir akses internet yang diduga digunakan untuk perjudian online dari dan ke Kamboja serta Kota Davao di Filipina, sehari setelah insiden PDNS dimulai.

Keputusan ini diatur dalam surat keputusan Menteri dan Informatika, Budi Arie Setiadi, untuk memastikan keamanan dan ketertiban publik.

Baca Juga :  Talkshow KNPI Edisi Spesial Perempuan 300 Mahasiswa Jadi Peserta

Meskipun belum ada konfirmasi langsung tentang hubungan antara kedua kejadian ini, investigasi sedang dilakukan untuk memahami lebih lanjut dampak dan sumber dari serangan siber tersebut serta langkah-langkah responsif yang dibutuhkan.(Red/CNN)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News