Desakan Pengunduran Menkominfo Pasca Serangan Ransomware, Ini Reaksi Presiden Jokowi

Avatar Of Tim Redaksi
Ditanya Soal Statusnya Di Pdip, Ini Kata Presiden Jokowi  Presiden Jokowi Minta Transparansi Kasus Pembunuhan Vina Di Cirebon Desakan Pengunduran Menkominfo Pasca Serangan Ransomware, Ini Reaksi Presiden Jokowi
Presiden Jokowi

Satujuang- Joko Widodo menanggapi desakan agar Budi Arie Setiadi mengundurkan diri dari jabatan Menteri dan Informatika setelah insiden peretasan ransomware pada Pusat Data Sementara di .

Insiden ini mengakibatkan lumpuhnya server sejumlah lembaga dan kementerian. menyatakan bahwa semua telah dievaluasi dalam konteks ini.

Desakan Pengunduran Menkominfo Pasca Serangan Ransomware, Ini Reaksi Presiden Jokowi

Desakan untuk pengunduran Budi Arie Setiadi disuarakan oleh berbagai pihak, termasuk Southeast Asia Freedom of Expression Network (Safenet) yang menggalang petisi di change.org, dengan dukungan lebih dari 22.000 tanda tangan.

Baca Juga :  Garuda Indonesia Buka Lowongan Awak Kabin Haji 2024, Persiapkan Dokumenmu

Pusat Data Sementara (PDNS) di mengalami serangan siber dari ransomware bernama Brain Chiper, varian terbaru dari Lockbit 3.0.

Akibatnya, layanan publik seperti layanan imigrasi terganggu sejak tanggal 20 Juni. Safenet melaporkan bahwa sekitar 282 instansi yang menggunakan PDNS terkena dampak dari serangan ini.

Baca Juga :  Pindah Ke IKN, Beberapa Kementerian dan Lembaga Ini Rame Ajukan Tambahan Anggaran

berusaha memulihkan PDNS 2 di dalam waktu singkat, dengan target penyelesaian pemulihan pada bulan ini.

juga menekankan pentingnya cadangan data sebagai langkah preventif untuk menghadapi serangan serupa di masa depan.(Red/antara)