Direvisi, KPU Tetapkan Syarat Usia Baru untuk Pilkada 2024

Avatar Of Tim Redaksi
Ketua Dprd Benteng Sebut Keputusan Kpu Ri Soal Kursi Dapil Sangat Merugikan Kpu Selidiki Kasus Pemilih Meninggal Yang Tetap Terdaftar Dalam Dpt Kpu Ri Minta Mk Tolak Tambahan Bukti Perkara Phpu Pilpres 2024
Gedung KPU RI

Satujuang- Komisi Pemilihan Umum () RI menetapkan aturan baru untuk Pilkada Serentak 2024 melalui Peraturan Nomor 8 Tahun 2024.

Aturan tersebut mengatur bahwa calon gubernur harus berusia minimal 30 tahun dan calon wakil gubernur minimal 25 tahun pada saat mereka dilantik sebagai calon terpilih, Selasa (2/7/24).

Direvisi, Kpu Tetapkan Syarat Usia Baru Untuk Pilkada 2024

Ini berarti, meskipun seorang calon belum memenuhi usia minimum saat mendaftar, asalkan mereka memenuhi syarat saat dilantik, mereka dapat mendaftar sebagai calon kepala daerah.

Baca Juga :  DPW LDII Bengkulu Pantau Hilal untuk Tentukan Awal Bulan Dzulhijjah

Perubahan ini merupakan hasil dari Putusan (MA) yang mengabulkan permohonan Partai Garuda terkait usia minimal calon kepala daerah.

MA menyatakan bahwa ketentuan sebelumnya, yang menetapkan usia minimal berdasarkan saat penetapan calon, tidak sesuai dengan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016.

Baca Juga :  Satgas TMMD Ke 111 Kodim 0904/Paser Berterima Kasih Kepada Warga Yang Memberikan Tempat Tinggal

MA memutuskan bahwa usia calon kepala daerah harus dihitung sejak , untuk mencegah potensi ketidakmampuan warga negara atau partai dalam mencalonkan calon yang baru mencapai usia minimal pada saat penetapan calon.

Dengan adanya putusan ini, harus menyesuaikan PKPU Nomor 8 Tahun 2024 agar sesuai dengan ketentuan yang lebih tinggi dari MA.

Baca Juga :  Dekwan : “FESTIVAL BATU BERDAUN BEACH” Telah Siap di Gelar

Langkah harmonisasi antara , , dan DPR masih dalam proses untuk memastikan bahwa proses Pilkada Serentak 2024 berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku.(Red/antara)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News