DPRD Kabupaten Blitar Gelar Paripurna Penyampaian Laporan Hasil Pansus RPJPD

Avatar Of Wared
Dprd Kabupaten Blitar Gelar Paripurna Penyampaian Laporan Hasil Pansus Rpjpd
Juru Bicara Pansus DPRD Kabupaten Blitar, Heni Ratna WS, Menyampaikan Hasil Rekomendasi

Satujuang- DPRD menggelar rapat menyampaikan laporan hasil pembahasan Panitia Khusus (Pansus) RPJPD di Graha DPRD, Jum'at (5/7/24).

Rapat tersebut dipimpin Wakil Ketua DPRD Muhammad Rifai, dihadiri Hj Rini Syarifah, Sekda, Forkopimda, anggota DPRD, sejumlah kepala OPD, asisten, staf ahli dan Camat.

Dprd Kabupaten Blitar Gelar Paripurna Penyampaian Laporan Hasil Pansus Rpjpd

Dalam kesempatan itu, Heni Ratna WS menjadi juru bicara Pansus DPRD untuk menyampaikan hasil rekomendasinya.

“Proses penyusunan RPJPD 2025-2045 harus dimulai dengan landasan pemikiran bahwa Visi Abadi dalam Pembukaan Undang-undang Dasar (UUD) Tahun 1945 marupakan acuan utama dalam setiap perencanaan pembangunan, yaitu Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil, dan Makmur,” buka Heni dalam penyampaiannya.

Lebih lanjut Heni mengatakan, Visi ini dalam RPJPN 2025-2045 dijabarkan menjadi Visi 2045 dengan mempertimbangkan modal dasar, megatrend global, perubahan , daya tampung.

Baca Juga :  DPRD Kabupaten Blitar Sampaikan Pokok-Pokok Pikiran Terkait RPJMD 2025

Juga daya dukung serta pencapaian pembangunan pada periode sebelumnya, rumusan visi tersebut merupakan visi yang cukup progresif.

“Seluruh tahapan pembangunan 20 tahun mendatang, merupakan satu rangkaian susunan panduan kerja yang sitematis, logis dan berkesinambungan dengan tahapan yang jelas dan terukur untuk tercapaianya “ 2045,” jelasnya.

Melalui beberapa kali pembahasan Pansus RPJPD Bersama Tim Penyusun Rancangan Akhir RPJPD didampingi Tenaga Ahli, bersepakat bahwa rumusan Visi dan Misi RPJPD 2025-2045 adalah sebagai berikut, Visi RPJPD 2025-2045 “ Kabupaten Agro Industri Yang Maju, Berdaya Saing, Dan Berkelanjutan”

Rumusan Misi:

  1. Mewujudkan sumber daya manusia yang berdaya saing global,
  2. Mewujudkan transformasi daerah,
  3. Mewujudkan tata Kelola pemerintahan dan pelayanan public yan adaptif dan berkualitas,
  4. Memantapkan kualitas infrastruktur dan sarana prasarana yan berwawasan lingkungan serta tangguh bencana,
  5. Mewujudkan masyarakat yang tenteram, toleran, dan berbudaya,
Baca Juga :  Soal Lahan KUD Kesamben yang Diserobot, DPRD Kabupaten Blitar: Ada Indikasi Penipuan

“Setelah rumusan Visi dan Misi RPJPD disepakati Bersama, selanjutnya Pansus RPJPD Bersama Tim Penyusun juga mencermati apakah target indikator sasaran Visi cukup progresif, standart atau konservatif, karena pansus berpendapatan bahwa, untuk Kab dapat menjadi daerah maju target kinerja harus progresif,” paparnya.

Heni menekankan, untuk itu pansus memastikan dari target kinerja indikator yang berkaitan hal kebutuhan primer masyarakat sebagai ciri khas daerah miskin dan berkembang harus selesai di periode RPJPD ini.

Pansus RPJPD ingin kepastian adanya lompatan besar besaran target kinerja berkaitan dengan 3 hal yakni:

  1. Kondisi Sumber daya Manusia yang unggul di dua puluh tahun ke depan,
  2. Pertumbuhan yang tinggi dan inklusif berbasis Agro industry,
  3. Tata Kelola pemerintahan yang berintegritas dan Adaptif sebagai ciri khas negara maju.
Baca Juga :  Bahas Perubahan Rencana Anggaran Belanja Daerah 2023, DPRD Kabupaten Blitar Gelar Raker

“Arah kebijakan pembangunan harus dapat memberi panduan kapan indikator kinerja sasaran pokok harus dicapai dari empat tahapan pembangunan jangka panjang yang direncanakan,” tegasnya.

Dijelaskan, dokumen Rancangan Akhir RPJPD Tahun 2024- 2045 sudah menyajikan arah kebijakan dan sasaran pokok setiap tahapan lima tahunan.

Namun, dengan adanya perubahan redaksi Visi dan urutan Misi. Maka Pansus merekomendasikan agar Tim Penyusun Ranperda RPJPD untuk menyempurnakannya, dan agar arah kebijakan dapat berfungsi maksimal menjadi panduan program prioritas setiap tahapan lima tahunan RPJMD nantinya.

“Maka harus dijaga kualitas dan kehandalannya melalui expert judgement sesuai topik Misi daerah,” tutupnya. (ADV/Herlina)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News