Pemko Batam BP Batam DPRD KEPRI Pemprov KEPRI

Dua Anggota Tim Patroli Harimau Sumatera Meninggal Dunia

Salah satu korban meninggal dunia, Gunawan Saefullah anggota Polisi Hutan.

Mukomuko ā€“ Dua orang yang tergabung dalam Tim Patroli Harimau Sumatra (PHS) di Bengkulu bernama Gunawan Saifullah (polisi kehutanan) dan Sudirman (anggota PHS) meninggal dunia.

Keduanya meninggal saat melakukan patroli rimba di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), Bukit Punjung, Kabupaten Mukomuko.

Hal itu disampaikan koordinator PHS Unit Bengkulu, Geovril Seven yang mengaku mendapat kabar duka tersebut dari salah satu anggota Tim PHS, Slamet Riyadi melalui telepon, Rabu (17/8/22) pukul 08.00 WIB.

Baca Juga :  Pemprov Bengkulu dan Pemkab BS Support Acara Ngulang Betunggal

Diceritakan, pada hari yang sama, Rabu (17/8) pukul 07.00 WIB camp tempat anggota PHS beristirahat tertimpa kayu yang mengakibatkan Gubawan dan Saifullah meninggal dunia saat beristirahat.

Setelah dapat kabar tersebut Tim PHS berupaya meminta bantuan kepada Polsek setempat dan tenaga medis Puskesmas Kecamatan Pondok Suguh.

Tak hanya itu, Tim PHS juga berkoordinasi dengan Pemerintahan desa setempat untuk melakukan langkah tindak lanjut dari kejadian ini.

Baca Juga :  Satgas TMMD Istirahat di Lokasi Pengecoran Jalan

Merespon permintaan bantuan Tim PHS, delapan orang warga Desa Pondok Lamin berangkat menuju menuju lokasi Tempat Kejadian Perkara (TKP) pada pukul 11.00 WIB.

Kemudian 10 orang gabungan dari Tim PHS-KS, BKSDA Bengkulu, Polsek dan Puskesmas Pondok Suguh juga berangkat ke TKP pada pukul 12.00 WIB.

Tak ketinggalan sepuluh orang warga Desa Air Hitam juga ikut menyusul menuju TKP pada siang itu.

Baca Juga :  Dandim 0830/Surabaya Utara Berangkatkan Bantuan Bencana Semeru

Mengingat di TKP tidak terdapat jaringan komunikasi, Tim penolong baru bisa memberi kabar pada pukul 17.40 setelah tim sampai di pinggir hutan usai mengevakuasi korban.

Pukul 18.00, Kepala Balai Besar TNKS melaporkan, Tim Evakuasi jenazah Gunawan Saefullah dan Sudirman masih dalam perjalanan menuju ke titik mobil penjemputan yang akan ditempuh kurang lebih satu jam lagi. (red/zul)