Hukum  

Dugaan Mark Up Harga Seragam SD Kota Bengkulu, Ada Uang Sampul Rapot Juga

Avatar Of Wared
Dugaan Mark Up Harga Seragam Sd Kota Bengkulu, Ada Uang Sampul Rapot Juga
Wali Murid Pertanyakan Kualitas Seragam Olahraga Ini Yang Harganya Dibandrol Rp300 Ribu Untuk Satu Stel

Satujuang- Warga nampaknya harus menyiapkan yang cukup tinggi untuk menyekolahkan anaknya tahun 2024 ini.

Biaya untuk menyekolahkan di nampaknya kian hari kian menjulang tinggi, untuk baju seragam saja wali murid harus menyiapkan uang hingga Rp300 ribu untuk 1 stel pakaian.

Dugaan Mark Up Harga Seragam Sd Kota Bengkulu, Ada Uang Sampul Rapot Juga

Mirisnya, kebutuhan pakaian ini tidak cukup hanya 1 stel saja, tapi ada 5 stel yang harus disiapkan para wali murid untuk - mereka yang ingin menempuh .

Contohnya di SDN 74 , dimana harga untuk 3 stel pakaian yakni seragam , dan muslim, dibandrol dengan harga Rp900rb untuk tiga stel pakaian tersebut. Itu belum termasuk uang sampul rapot senilai Rp65 ribu.

Untuk mendapatkan 3 stel seragam itu, wali murid diarahkan untuk membeli ke mitra sekolah, salah satu konveksi yang beralamat di Zainul Arifin Kecamatan Singaran Pati, .

Baca Juga :  Sempat Hilang, Pekerja TNKS Ditemukan Meninggal Dunia

“Ada 3 stel baju sama sampul rapot, , dan muslim. Kalau untuk sampul rapotnya nanti kita serahkan ke pihak sekolah,” ungkap Sumi, owner konveksi saat diwawancara hari ini, Senin (8/7/24).

Untuk sampul rapot kata Sumi, setelah mereka serahkan ke pihak sekolah, wali murid akan menerima 6 bulan kemudian saat pembagian rapot anaknya.

Lebih lanjut Sumi mengungkapkan bahwa harga seragam semua SD yang membeli ditempatnya dibandrol dengan harga yang sama yakni Rp300 ribu per stel.

“Kalau bahan saya pikir standar bajunya kita bordir dan kita kasih garansi jika ada masalah dengan baju,” klaim Sumi ketika kembali ditanyakan soal harga seragam yang cukup tinggi itu.

Baca Juga :  Produksi Hand Sanitizer Palsu di Dusun Kepahiang Terbongkar

Bertepatan waktu wawancara nampak beberapa wali murid datang membeli pakaian seragam sekolah anaknya.

Para wali murid dilayani langsung oleh Sumi yang seketika langsung mengambil buku untuk mencatat, tampak ada buku catatan untuk SDN 78, SDN 24 dan SDN 74 .

Wali murid akan menerima nota pembelian dengan rincian seragam apa saja dan total harga. Sempat ada pertanyaan dari salah seorang wali murid yang mempertanyakan kenapa nota pembelian tersebut tidak merinci harga seragam yang mereka beli.

Bukannya merincikan harga di nota, Sumi hanya menguraikan biaya dengan penjelasan melalui percakapan saja.

Harga ini terbilang cukup mahal bila dibandingkan dengan seragam putih merah dan pramuka yang dibeli ditempat yang berbeda.

Baca Juga :  Parkir Diteras Warung, Suzuki Pickup Warga Pino Dilarikan Maling

Untuk seragam putih merah dan pramuka dengan kualitas yang bagus, ternyata bisa didapatkan wali murid dengan harga tertinggi Rp230 ribu saja itupun sudah dengan bordir yang dibutuhkan.

Informasi yang didapat media ini, ternyata warna seragam 2 tahun terakhir di SDN 74 selalu berubah tiap tahunnya. Hal ini secara tidak langsung membuat seragam tidak bisa diturunkan ke adik tingkat dan memaksa para wali murid untuk membeli seragam yang baru untuk tahun ajaran yang baru.

Selain itu, kualitas bahan seragam juga sempat dipertanyakan kualitasnya, karena nampak tipis dan ditaksir terlalu tinggi harganya jika dibandrol harga Rp300 ribu. (Red)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News