Gelar Titik Nol, Pemdes Tabeak Dipoa Bangun SPAL dan Irigasi

Avatar Of Wared
Gelar Titik Nol, Pemdes Tabeak Dipoa Bangun Spal Dan Irigasi
Pelaksanaan Titik Nol Pembangunan SPAL Pemdes Tabeak Dipoa Kabupaten Lebong

Satujuang- Dalam mendukung program pusat terkait penanganan pencegahan , Desa (Pemdes) Tabeak Dipoa, Kecamatan Sakti bangun SPAL.

Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL) tersebut dibangun berdasarkan musyawarah bersama tokoh masyarakat, perangkat desa dan BPD.

Gelar Titik Nol, Pemdes Tabeak Dipoa Bangun Spal Dan Irigasi

“Sebenarnya banyak usulan di tahun 2023 apa yang akan kita bangun di tahun 2024, namun ada usulan prioritas yang kita utamakan yaitu pembangunan SPAL dan saluran irigasi tersier,” ujar Pj Kepala Desa (Kades) Tabeak Dipoa, Fera Pratama Medayanti di balai desa, Jumat (3/5/24).

Baca Juga :  Tak Diperhatikan Pemkab Gowa, Warga Bontolepangan Gotong Royong Perbaiki JUT

Dijelaskan Meda, aroma dari pembuangan limbah yang tidak lancar alirannya sudah sangat kumuh dan mengganggu, makanya banyak masyarakat mendukung dan dijadikan usulan prioritas ditahun 2024.

Panjang SPAL yang dibangun ini sepanjang 425 meter dengan angaran Rp 328.076.810 bersumber dari tahun 2024, lebih banyak lokasi pembangunnanya dilakukan di dusun dua.

“Pembangunan Saluran Irigasi Tersier yang ada di dusun tiga dengan panjang 90 meter menghabiskan Rp 171.370.600 sumber dana 20% dari bidang pemberdayaan masyarakat atau ketahanan ,” imbuhnya.

Baca Juga :  Merasa Dirugikan, Cakades 01 Bukit Mulya Nilai BPD Tidak Netral

Mewakili Pemdes, Meda meminta masyrakat agar mendukung pembangunan yang dilaksanakan oleh desa, dan bisa menjaga sama-sama agar manfaatnya bisa dirasakan dalam waktu yang lama.

Ditempat yang sama, Sabirin selaku Camat Sakti mengimbau agar pihak Pemdes mengutamakan kualitas pembangunan.

“Kami dari pihak kecamatan sudah menghimbau ke pihak Pemdes agar manfaat bangunan bisa dirasakan tiga atau empat tahun kedepan, selama pembangunan itu berdampak positif bagi masyarakat kami dari pihak kecamatan mendukung penuh,” ungkap Camat.

Baca Juga :  Kades Karya Mulya, Heriyanto Nahkodai APDESI Kecamatan Pondok Suguh

Ia juga meminta agar ditahun selanjutnya pihak Pemdes bukan cuma hanya membangun fisik, tapi bisa membangun Sumber Daya Manusia (SDM) bidang seperti pelatihan-pelatihan.

Hadir dalam kegiatan tersebut kasi pemberdayaan dan kasi Pemerintahan Kecamatan Sakti, Pendamping Desa, BPD, Babinsa serta , perangkat desa dan juga masyarakat Desa Tabeak Dipoa. (Fiky)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News