Pemko Batam BP Batam DPRD KEPRI Pemprov KEPRI

Gubernur Rohidin Pimpin Prosesi Pembuangan Tujuh Tabut Sakral

Prosesi pembuangan tabut

Bengkulu – Prosesi pembuangan Tujuh Tabut Sakral akan dilepas Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah dari halaman Balai Semarak Bengkulu, Senin (8/8/22).

Pihak Keluarga Kerukunan Tabut (KKT) Bengkulen saat ini sedang bersiap melakukan prosesi pembuangan Tujuh Tabut Sakral Tersebut.

Anggota KKT dari Keturunan Syech Sahbedan, Syaiful mengungkapkan untuk pelaksanaan arak-arakan pembuangan tabut yang dilaksanakan dari Balai Semarak itu hanya diikuti tujuh tabut.

Baca Juga :  Dilaporkan Hilang, Ternyata Muncak ke Bukit Kaba

Yakni Tabut Imam Senggolo dari Pasar Melintang, Tabut Syech Sahbedan dari Gerbang Malabro, Tabut Lempuing, Tabut Anggut, Tabut Bangsal dari Kebun Ros, Tabut Bajak dan Tabut Panglima dari Kampung Bali.

Untuk rute pembuangan tabut ini juga masih mengikuti rute sebelumnya yakni dari Jalan A. Yani Kampung menuju kawasan Pintu Batu, Jalan Suprapto, Jalan S. Parman dan Jalan Sutoyo Tanah Patah yang berakhir ke Karbela.

Baca Juga :  Paripurna DPRD Kota Bengkulu Penandatangan KUA PPAS APBD Kota Bengkulu 2022

Dikatakan Saiful, pelaksanaan prosesi pembuangan tabut ini berbeda dari dua tahun sebelumnya yang diikuti lengkap 17 tabut sakral.

Sementara itu pelepasan arak-arakan Tabut Tebuang oleh Gubernur Bengkulu juga menjadi penutupan festival tabut tahun 2022 di Bengkulu. (Lns/red)