Gunung Ibu Kembali Meletus, Warga Diminta Waspadai Status Siaga III

Avatar Of Tim Redaksi
Gunung Ibu Kembali Meletus, Warga Diminta Waspadai Status Siaga Iii
Gunung Ibu Kembali Meletus, Warga Diminta Waspadai Status Siaga III

Satujuang- Gunung Ibu di Pulau Halmahera, Utara, kembali meletus pada pagi ini dengan amplitudo maksimum 10 milimeter, yang berlangsung selama lebih dari 1 menit 14 detik, Kamis (11/7/24).

Erupsi tercatat pada pukul 06.55 WIT, memancarkan abu sekitar 400 meter ke dari kawah aktif yang berada pada ketinggian 1.725 meter di atas permukaan laut.

Gunung Ibu Kembali Meletus, Warga Diminta Waspadai Status Siaga Iii

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan aktivitas Gunung Ibu masih berada pada status level III atau Siaga.

Baca Juga :  Polri Terbitkan Telegram Terkait Sosialisasi Plat Kendaraan Khusus Anggota DPR

Kolom abu berwarna kelabu hingga hitam teramati dengan intensitas sedang hingga tebal, menjalar ke arah utara dan timur laut.

PVMBG mengimbau agar masyarakat di sekitar Gunung Ibu serta wisatawan tidak melakukan aktivitas di dalam radius 4 kilometer dan perluasan sektoral berjarak 5 kilometer ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif Gunung Ibu.

Baca Juga :  Iptu Subardo Nahkodai Permadani Kota Semarang

Selain itu, dalam situasi hujan abu, disarankan untuk selalu menggunakan masker atau penutup hidung-mulut guna melindungi sistem pernafasan.

daerah setempat juga menyarankan agar petunjuk dan panduan evakuasi diikuti dengan ketat.

Gunung Ibu, dengan ketinggian 1.340 meter di atas permukaan laut, administratif masuk ke wilayah Kecamatan Ibu, Kabupaten Halmahera Barat, Utara.

Baca Juga :  Tinjau Pelabuhan Tanjung Perak, Kapolri: Transportasi Laut Alternatif Kurangi Kemacetan Arus Mudik

Masyarakat di desa-desa terdekat seperti Sangaji Nyeku, Goin, Tokuoko, dan Duono di Kecamatan Tabaru, Halmahera Barat, telah dievakuasi saat Gunung Ibu mengancam pada Mei 2024 lalu.

Dan meskipun kembali pulang setelah status turun menjadi Siaga, tetap disarankan untuk selalu waspada dan mematuhi petunjuk dari otoritas terkait.(Red/CNN)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News