Gunung Lewotobi Laki-laki Erupsi Lagi, Warga Diimbau Gunakan Masker

Avatar Of Tim Redaksi
Gunung Lewotobi Laki-Laki Meletus, Masyarakat Di Flores Timur Diminta Waspadaâ  Gunung Lewotobi Laki-Laki Erupsi Lagi, Warga Diimbau Gunakan Masker
Gunung Lewotobi Laki-laki Meletus 

Satujuang- Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, erupsi pada pukul 09:15 WITA dengan tinggi kolom abu mencapai 1.000 meter di atas puncak, menciptakan bahaya serius bagi masyarakat sekitar.

Pengamat Pos Gunung Api Lewotobi Laki-laki merekomendasikan agar masyarakat menggunakan masker untuk melindungi sistem pernapasan mereka, Rabu (5/6/24).

Gunung Lewotobi Laki-Laki Erupsi Lagi, Warga Diimbau Gunakan Masker

Badan Geologi merekam aktivitas erupsi ini dengan amplitudo maksimum 47.3 mm dan durasi sementara sekitar 6 menit 12 detik. Status Gunung Lewotobi Laki-laki tetap pada Level II atau Waspada.

Baca Juga :  Antisipasi Macet, Polres Malang Gunakan Drone dan CCTV Pantau Lalin

Masyarakat di dalam radius 2 km dari pusat erupsi dan sekitarnya, serta pengunjung, disarankan untuk tidak melakukan aktivitas apapun.

Rekomendasi ini juga berlaku untuk sektoral 3 km ke arah Utara-Timur Laut dan 5 km ke arah Timur Laut.

Ketua Tim Gunung Api dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menjelaskan bahwa aktivitas erupsi masih tinggi.

Baca Juga :  Babinsa Koramil 0826-02 Tlanakan Jadikan Komsos Sarana Untuk Sosialisasi Prokes

Hal ini karena masih ada suplai magma yang cukup besar, sementara jarak sektoral ke arah Timur Laut lebih panjang karena adanya potensi aliran lava dan piroklastik yang berbahaya.(Red/antara)