Heni Ratna Berharap Kearifan Lokal Jadi Dasar Fundamental Penyusunan RPJPD 2025-2045

Avatar Of Wared
Heni Ratna Berharap Kearifan Lokal Jadi Dasar Fundamental Penyusunan Rpjpd 2025-2045
Juru Bicara Fraksi GPN DPRD Kabupaten Blitar, Heni Ratna WS

Satujuang- Dalam mempersiapkan terwujudnya di tahun 2045, Fraksi Gerakan Pembangunan Nasional (GPN) DPRD berharap, kearifan lokal jadi dasar fundamental dalam penyusunan RPJPD kabupaten tahun 2025-2045

Disampaikan juru bicara Fraksi GPN DPRD, Heni Ratna WS, pada rapat Penyampaian Pandangan Umum Fraksi terhadap penjelasan atas Ranperda tentang RPJPD Kabupaten Tahun 2025-2045, di Graha , Kamis (13/6/24).

Heni Ratna Berharap Kearifan Lokal Jadi Dasar Fundamental Penyusunan Rpjpd 2025-2045

“Penyususnan RPJPD tahun 2024-2045 yang dilaksanakan secara transparan, akuntabel, partisipasi, terukur dan melibatkan masyarakat serta seluruh strek holder dalam pengambilan keputusan di semua tahapan perencanaan dengan memperhatikan sinergitas terhadap RPJPD Provinsi dan RPJPM sesuai dengan peraturan dan Undang-undang,” jelasnya.

Baca Juga :  Pasca Pemilu 2024, PDIP Belum Tentukan Arah Politik

Untuk mewujudkan, tegas Heni, penyelenggaraan yang rasional, profesional, efektif dan efisien. RPJPD tahun 2025-2045 hendaknya dijadikan pedoman dalam penyusunan visi dan misi calon kepala daerah dalam perhelatan pemilihan kepala daerah kabupaten pada masa mendatang.

RPJPD tahun 2025-2045 merupakan Integrasi sinkronisasi dan sinergi perencanaan pembangunan daerah antara kabupaten kota dengan provinsi dan pusat.

“Untuk itu di dalam merencanakan dan menyusun draft RPJPD perlu kecermatan, mengingat RPJPD merupakan rumusan arah kebijakan pembangunan jangka panjang selama 20 tahun ke depan yang berkelanjutan,” tegasnya.

Baca Juga :  Puan Maharani Resmikan Jalan Dr Ir Soekarno

Heni juga berharap, sektor-sektor yang menjadi keunggulan dan mata pencaharian bagi masyarakat kabupaten harus tetap terjaga.

Potensi yang begitu melimpah bisa dioptimalkan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Seperti potensi bahari pantai selatan, religi peninggalan situs-situs , alam lereng gunung kelud dan gunung kawi, serta buatan yang banyak sekali berada di lingkungan masyarakat kabupaten ,” tegasnya.

Di samping itu kata Heni, potensi komoditas , , perikanan dan peternakan potensi tambang mineral dan batuan serta potensi-potensi yang lain kabupaten perlu dieksplorasi.

Baca Juga :  Surya Paloh Sebut Revolusi Mental Belum Optimal, Presiden Jokowi Beri Respon

Kalau hal itu dilakukan, maka nantinya dapat menciptakan lapangan kerja yang lebih luas untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kabupaten .

Rapat ini dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Suwito, didampingi Wakil Ketua Muhammad Rifa'i dan Mujib. Dihadiri , Rini Syarifah, perwakilan Forkopimda, Sekda, Kepala OPD dan sejumlah anggota DPRD Kabupaten . (Herlina)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News