Institut Teknologi Informasi Jepang Pecahkan Rekor Kecepatan Internet 402 Tbps

Avatar Of Tim Redaksi
Institut Teknologi Informasi Jepang Pecahkan Rekor Kecepatan Internet 402 Tbps
Ilustrasi

Satujuang- Sejumlah teknisi dari Institut Teknologi Informasi dan (NICT) berhasil memecahkan rekor dunia kecepatan internet dengan mencapai 402 Tbps.

Rekor sebelumnya tercatat pada 321 Tbps pada Oktober 2023 dan 226 Tbps pada Maret 2022. Kecepatan mencapai 402 Tbps memungkinkan pengunduhan file sebesar 50 terabyte per detik.

Institut Teknologi Informasi Jepang Pecahkan Rekor Kecepatan Internet 402 Tbps

Dalam percobaan ini, para teknisi NICT menggunakan kabel fiber optik sepanjang 50 km untuk mentransmisikan data antara pemancar sinyal dan perangkat penerima.

Baca Juga :  Kapolda Kepri Pimpin Sertijab Wakapolda Dan Pju Polda

Mereka mengoptimalkan penggunaan pita frekuensi dengan total 37,6 THz serta menerapkan teknologi penguat sinyal untuk mencapai kecepatan yang luar biasa ini.

Namun demikian, meskipun kecepatan internet telah mencapai level ini, komponen perangkat keras yang tersedia saat ini masih belum mampu menangani kecepatan sebesar 402 Tbps ini.

Baca Juga :  Pangdam IV/Diponegoro Sambut Kunjungan Presiden Jokowi di Boyolali

Motherboard dan media penyimpanan seperti SSD PCIe 5.0 NVMe saat ini hanya mampu mentransfer data hingga beberapa Gbps, jauh di bawah kemampuan internet yang baru saja dicapai oleh NICT.

Percobaan ini menunjukkan bahwa kecepatan internet memiliki potensi untuk terus berkembang seiring waktu dan kemajuan teknologi.

Baca Juga :  555 Lapak Kosong Pasar Johar Baru Disegel Satpol PP

Meskipun implementasi praktis ke kehidupan sehari-hari masih memerlukan pengembangan lebih lanjut.(Red/kompas)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News