Ekbis  

Jelang Rapat BI, Rupiah Alami Penurunan Terhadap Dolar AS 

Avatar Of Tim Redaksi
Dibanyangi Pelemahan Dolar As, Rupiah Berpotensi Menguat Hari Ini Jelang Rapat Bi, Rupiah Alami Penurunan Terhadap Dolar As 
ilustrasi

Satujuang- Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS mengalami penurunan menjelang Rapat Dewan Gubernur Bank (BI) yang akan diadakan pada 24-25 April 2024, Selasa (23/4/24).

Awal perdagangan pagi itu, rupiah melemah 7 poin atau 0,04 persen menjadi Rp16.244 per dolar AS dari sebelumnya Rp16.237 per dolar AS.

Jelang Rapat Bi, Rupiah Alami Penurunan Terhadap Dolar As 

“Pelaku menunggu hasil RDG BI untuk menentukan arah kebijakan suku bunga mendatang,” ungkap Ekonom Bank Mandiri, Reny Eka Putri.

Baca Juga :  Harga Pertalite Naik, Antrian di SPBU Justru Tambah Panjang

Reny memperkirakan BI akan mempertahankan BI-Rate sebesar 6 persen pada pengumuman hasil RDG BI pekan ini.

Pelepasan dana asing dari domestik juga berkontribusi pada pelemahan rupiah yang masih di atas Rp16.000 per dolar AS, dengan total dana asing yang keluar dari dan obligasi dalam negeri mencapai Rp31,3 triliun.

Baca Juga :  Pertamina Turunkan Harga BBM dari Aceh Hingga Papua, Cek Nilainya di Sini

“Selain itu, pergerakan rupiah belakangan ini masih dipengaruhi oleh sentimen eksternal, terutama spekulasi terkait kebijakan suku bunga bank sentral AS yang diperkirakan akan tetap tinggi hingga setidaknya September 2024,” imbuhnya.

Reny memproyeksikan rupiah akan bergerak dalam kisaran Rp16.194 hingga Rp16.268 per dolar AS pada perdagangan hari itu.(NT/antara)