Keajaiban Lebah Madu, Mendeteksi Kanker Paru-paru dari Napas Manusia

Avatar Of Tim Redaksi
Keajaiban Lebah Madu, Mendeteksi Kanker Paru-Paru Dari Napas Manusia
Lebah madu

Satujuang- Sebuah penelitian baru dari Michigan State University mengungkap bahwa lebah madu memiliki kemampuan unik untuk mendeteksi biomarker paru-paru dari napas manusia.

Studi tersebut menemukan bahwa lebah dapat membedakan sel paru-paru dari sel sehat hanya dengan mencium kultur sel.

Keajaiban Lebah Madu, Mendeteksi Kanker Paru-Paru Dari Napas Manusia

Mekanisme ini mirip dengan penciuman vertebrata, di mana molekul di berinteraksi dengan reseptor di antena lebah, memicu respons neuron yang menghasilkan pola listrik yang dapat berubah-ubah.

Baca Juga :  Tips Agar Tidak Bosan Saat Perjalanan Mudik

Para peneliti menjelaskan bahwa lebah madu dapat membedakan sel paru-paru dari sel sehat karena perbedaan bau yang dihasilkan oleh molekul yang dilepaskan oleh sel-sel tersebut.

Melalui serangkaian percobaan, para peneliti memperkenalkan lebah madu pada campuran napas sintetis yang meniru napas orang sehat dan penderita paru-paru.

Baca Juga :  Zodiak dan Karir: Menemukan Jalur Karir yang Sesuai dengan Tanda Zodiak Anda

Hasilnya, lebah menunjukkan kemampuan untuk mengidentifikasi tanda-tanda bahkan pada konsentrasi yang sangat rendah, sebanding dengan konsentrasi yang ditemukan pada napas sebenarnya.

Pentingnya penemuan ini terletak pada potensinya untuk dikembangkan menjadi perangkat diagnostik yang dapat membantu dalam mendeteksi paru-paru secara lebih efektif daripada teknik medis yang ada saat ini.

Baca Juga :  Aplikasi Pemutar Musik Winamp Hadir Kembali dengan Fitur Baru dan Desain Modern

Peneliti berharap penemuan ini dapat membuka menuju pengembangan alat yang dapat membedakan berbagai jenis sel paru-paru.

Yang pada gilirannya dapat meningkatkan kesempatan untuk pengobatan yang lebih tepat dan efektif. Penelitian ini telah dipublikasikan di jurnal Biosensors and Bioelectronics.(Red/kompas)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News