KPK Temukan Dua Pejabat Negara Miliki Aset Kripto Miliaran Rupiah

Avatar Of Tim Redaksi
Jaksa Kpk Ungkap Percakapan Whatsapp Dalam Kasus Suap Hasbi Hasan Kpk Temukan Dua Pejabat Negara Miliki Aset Kripto Miliaran Rupiah Pansel Kpk Terima Masukan Publik Untuk Seleksi Capim Dan Dewas
KPK

Satujuang menemukan bahwa dua pejabat negara memiliki aset dalam LHKPN mereka, yang saat ini sedang dalam pemeriksaan.

“Nilai aset yang dimiliki kedua pejabat tersebut mencapai miliaran rupiah,” ungkap Deputi Bidang Pencegahan dan Monitoring , Pahala Nainggolan, Selasa (23/4/24).

Kpk Temukan Dua Pejabat Negara Miliki Aset Kripto Miliaran Rupiah

Meskipun Pahala tidak merinci instansi asal pejabat tersebut, ia menyatakan bahwa mereka berasal dari bidang keuangan.

Baca Juga :  Ditlantas Polda Jatim dan Polres Lumajang Gelar Perpanjangan SIM Gratis dan Vaksinasi

Pahala menyoroti perubahan pola dalam penyimpanan aset dalam LHKPN, yang sebelumnya didominasi oleh properti namun kini juga meliputi .

“Fenomena ini merupakan bagian dari perubahan dinamis dalam tindakan pencucian uang, termasuk melalui teknologi seperti , NFT, dan AI,” imbuh Pahala.

Baca Juga :  Gus Muhdlor Tetapkan Tiga Desa Masuk Daerah Rawan Bencana

sebelumnya telah memperingatkan tentang pola baru dalam tindak pidana pencucian uang yang berbasis teknologi, termasuk , yang dapat memiliki dampak signifikan, bahkan mencapai triliunan rupiah.

PPATK juga telah turut mengusut dugaan pencucian uang melalui aset , dengan transaksi mencurigakan senilai lebih dari Rp 800 miliar yang telah ditangani selama kurun waktu 2022-2024, dan hasil analisis telah disampaikan kepada Kepolisian Negara RI.(NT/kumparan)