KTNA dan Pemprov Kepri Bakal Kembangkan Pertanian Hortikultura

Avatar Of Wared
Ktna Dan Pemprov Kepri Bakal Kembangkan Pertanian Hortikultura
Rapat Menteri Pertanian Dengan KTNA se-Indonesia

Kepri – Kontak Tani Andalan (KTNA) wilayah (Kepri) bakal menjalin kerjasama dengan Pemprov dibidang pengembangan Holtikultura.

Hal tersebut dikatakan Amirullah, Ketua KTNA Kepri saat akan menemui Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, di Tanjung pada Selasa (12/7/22).

Ktna Dan Pemprov Kepri Bakal Kembangkan Pertanian Hortikultura

Ia mengatakan jika Kementerian berkomitmen mengembangkan potensi petani diseluruh .

“Saat rapat bersama dengan Bapak Menteri di Maros, Kementrian menargetkan pembukaan lahan sebanyak 1.000 Ha disetiap Provinsi. Kepri juga akan mendapatkan hal yang sama. Oleh karena itu, ada kesepakatan antara kementrian, KTNA serta Pemprov. Kesepakan inilah yang akan kita dorong ke bapak Gubernur kita,” ucapnya.

Baca Juga :  Program 1 Juta Vaksinasi Booster Digelar oleh Polres RL dan PC NU

Ia menjelaskan, program hasil kerjasama antara Kementrian dan KTNA inipun fokus pada hilirisasi prodak . Guna mensukseskan program ketahanan .

“Program ini khusus petani yang benar-benar petani. Jadi, konsepnya adalah penyertaan pinjaman modal dengan basis Kredit Usaha Rakyat. Sehingga, para petani mendapatkan pinjaman modal dengan suku bunga yang disubsidi. Selain itu, pendampingan mulai perencanaan tanam, panen, hingga pemasaran,” ujarnya.

Baca Juga :  Pengamanan Sholat Eid, Wakapolda Bengkulu Rapat Virtual Bersama Sekda dan Dinkes Provinsi

Program tersebut bekerjasama dengan Provinsi, melalui dinas , Dinas Kelautan dan perikanan, Dinas Perdagangan dan di masing-masing wilayah.

Untuk wilayah Kepri sendiri, ada 6 kabupaten yang di proyeksi sesuai dengan potensi pertaniannya.

“Anambas itu nantinya padi dan pala, cengkeh, -buahan dan padi, jagung dan sayur-, dijadikan khusus perikanan dan -buahan, Bintan sayur- palawija, serta Tanjung kita fokuskan pada sapi ternak,” terang Amirullah.

Baca Juga :  Kapolri Tinjau Vaksinasi Serentak Se-Indonesia Di Bintan Kepri

Kesepakatan pengembangan inipun terjadi saat Rapat besar KTNA dengan Kementerian di Maros, , pada tanggal 19-22 Juni lalu, yang dihadiri 5.300 Kader, serta Pengurus se-. (Red/Esp)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News