Lindungi Industri Lokal, Indonesia Siap Terapkan Tarif Bea Masuk Tinggi untuk Impor China

Avatar Of Tim Redaksi
Lindungi Industri Lokal, Indonesia Siap Terapkan Tarif Bea Masuk Tinggi Untuk Impor China Impor Barang Israel Ke Indonesia Turun Tajam Per Juni 2024, Ini Rinciannya 
Impor dari Cina

Satujuang- Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengumumkan rencana untuk memberlakukan tarif bea masuk hingga 200 persen pada barang-barang impor dari .

Zulkifli mengungkapkan bahwa situasi dagang tersebut telah menyebabkan “over capacity” dan “over supply” dari , yang menghasilkan barang ke , termasuk pakaian, baja, tekstil, dan barang lainnya.

Lindungi Industri Lokal, Indonesia Siap Terapkan Tarif Bea Masuk Tinggi Untuk Impor China

“Langkah ini bertujuan untuk melindungi industri dalam negeri, terutama , agar bisa tumbuh dan berkembang,” ujar Zulkifli.

Baca Juga :  Gudang Jagung Terbakar, 3 Menit Berhasil Dipadamkan Damkar

Zulkifli menjelaskan bahwa kebijakan ini direncanakan dalam sebuah peraturan menteri perdagangan yang segera akan diberlakukan, untuk mengendalikan impor dan menjaga stabilitas domestik.

Ia juga menyebutkan bahwa sebelumnya telah ada regulasi-regulasi yang belum cukup memuaskan dalam perlindungan industri lokal.

“Perlunya aturan baru ini, adalah untuk mengatasi dampak negatif dari banjirnya barang impor dari , yang telah terasa sejak tahun 2022,” imbuhnya.

Baca Juga :  Pangdam IV/Diponegoro Serahkan Jabatan Dandenintel

Pada tahun 2023, meluncurkan Permendag 37 yang bertujuan untuk memperketat arus barang impor dengan memperkenalkan pemeriksaan lebih ketat di bea cukai.

Meskipun awalnya terdapat kendala dalam implementasinya, peraturan ini akhirnya direvisi menjadi Permendag Nomor 8 setelah pengalaman yang menumpuk dari 20.000 kontainer barang di pelabuhan-pelabuhan .(Red/antara)