Membanggakan, Lebong Raih Penghargaan SPBE Terbaik Se-Sumatera Bupati Diundang ke Istana Negara

Avatar Of Wared
Membanggakan, Lebong Raih Penghargaan Spbe Terbaik Se-Sumatera Bupati Diundang Ke Istana Negara
Bupati Kabupaten Lebong, Kopli Asori

Satujuang- Bupati kabupaten Kopli Ansori diundang ke Istana Negara pada Senin (27/5) esok, dengan agenda menerima penghargaan langsung dari RI Joko Widodo.

Penghargaan kali ini dari aspek digitalisasi dalam kontek Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Sebagai satu dari 65 K/L/D yang menerima penghargaan Kabupaten dengan peningkatan indeks SPBE signifikan.

Membanggakan, Lebong Raih Penghargaan Spbe Terbaik Se-Sumatera Bupati Diundang Ke Istana Negara

Hebatnya, Kabupaten adalah satu-satunya Pemkab di pulau Sumatera yang mendapatkan predikat itu. Secara umum penghargaan diperoleh oleh Pemkab/Pemkot di pulau Jawa yang memiliki jaringan telekomunikasi dan SDM yang mumpuni.

Dikemukakan Kepala Dinas SP Kabupaten , Danial , melalui Kabid Egov SP, Widian Mantabes S.Kom didampingi Kabid IKP, Gunaidi SE M.Ak, penghargaan prestisius ini didapat setelah melalui proses panjang di bawah kepemimpinan Bupati Kopli Ansori.

Baca Juga :  Gelar Rakor, Wabup Lebong: Infrastruktur Yang Rusak Akan Diperbaiki
Membanggakan, Lebong Raih Penghargaan Spbe Terbaik Se-Sumatera Bupati Diundang Ke Istana Negara
Pihak Dinas Sp Kabupaten

“Di tahun 2021-2022, kami fokus pada kegiatan hulu yaitu pembangunan jaringan telekomunikasi yang masif berupa terbangunnya 6 unit BTS tersebar di dalam kabupaten. Selanjutnya di tahun 2023, kami mulai disektor hilir, yaitu digitalisasi, baik di sektor pemerintahan yaitu SPBE dan di sektor swasta yaitu meneruskan program wifi publik. Alhamdulillah sekarang mulai menuai hasilnya,” ungkap Widian diamini Gunaidi.

Baca Juga :  Disperindagkop Lebong Gelar Pelatihan Untuk ‘KOPPLI’

Ditambahkan Widian, hasil ini tak lepas darI terintegrasinya sistem digitalisasi pemerintahan Kabupaten melalui Dinas SP.

Selain itu kerjasama intensif dengan Kemen , PT Telkom dan jaringan berita juga sangat mempengaruhi perolehan penghargaan ini. Karena itu kerjasama tersistem akan terus dilanjutkan.

Untuk tahun berikutnya, indeks SPBE Pemkab akan ditingkatkan dari 2,9 menjadi di atas 3 poin sesuai Perjanjian Kinerja Kepala Dinas dengan .

“Kami bergerak dari angka 1, kemudian 2 dan seterusnya menjadi 3 koma basis poin. Berkat dukungan pimpinan, kami yakin dan percaya,” tandas Widian.

Baca Juga :  Pemkab Lebong Safari Ramadhan ke Desa-desa

Pemberian penghargaan oleh RI ini bertajuk ‘SPBE Summit 2024 dan Peluncuran GovTech ' di Istana Negara pada Senin 27 Mei 2024 diinisiasi oleh KemenPAN RB.

Terdapat 58 Bupati dan 25 Walikota serta 38 Gubernur yang diundang khusus acara tersebut selain K/L di tingkat pusat. Namun hanya 65 daerah yang akan mendapat penghargaan berbagai katagori.

Istimewanya hanya Kabupaten satu-satunya wakil dari pulau Sumatera di acara itu. (Fiky/Adv)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News