Mengungkap Manfaat Tidur Siang dalam Meningkatkan Kinerja Kognitif

Avatar Of Tim Redaksi
Mengungkap Manfaat Tidur Siang Dalam Meningkatkan Kinerja Kognitif
Ilustrasi

Satujuang.com- Tidur siang telah lama dianggap sebagai kebiasaan yang membuat malas dan kurang produktif.

Namun, penelitian terbaru mengungkapkan manfaat yang menarik dari tidur siang, terutama dalam meningkatkan kinerja kognitif.

Mengungkap Manfaat Tidur Siang Dalam Meningkatkan Kinerja Kognitif

Dalam ini, kami akan menjelajahi studi ilmiah yang mendukung manfaat tidur siang dalam meningkatkan fungsi otak, kreativitas, dan kemampuan belajar.

1. Pemulihan dan Regenerasi Otak

Tidur siang memberikan kesempatan bagi otak untuk memulihkan energi yang diperlukan untuk kinerja optimal.

Selama tidur siang, terjadi pemulihan dan regenerasi otak, termasuk perbaikan sinapsis (hubungan antara sel saraf), penghapusan racun metabolik, dan peningkatan ketersediaan zat kimia penting seperti neurotransmiter.

Penelitian oleh Dr. Sara Mednick dan rekan-rekannya di University of California menunjukkan bahwa tidur siang yang terencana dapat meningkatkan perhatian, kecerdasan, dan memperkuat kemampuan belajar.

Baca Juga :  2023 Tahun Kelinci Air, ini Tiga Shio Yang Tak Beruntung

2. Meningkatkan Kreativitas

Tidur siang dapat memainkan peran penting dalam memperkuat kreativitas. Sebuah studi yang dilakukan oleh Dr. Mareike Wieth dan Dr. Rose Zacks di Albion College.

Dimana menunjukkan bahwa tidur siang dapat membantu menghubungkan gagasan-gagasan yang sebelumnya terisolasi dalam pikiran kita, meningkatkan kemampuan kita untuk membuat asosiasi kreatif dan solusi baru untuk masalah.

Tidur siang juga terbukti meningkatkan kemampuan dalam mengenali pola dan hubungan yang kompleks.

3. Meningkatkan Kemampuan Belajar dan Daya Ingat

Tidur siang juga berperan penting dalam meningkatkan kemampuan belajar dan daya ingat jangka pendek. Penelitian oleh Dr. Rebecca Spencer di University of Massachusetts.

Baca Juga :  Sudah Benarkah Pengurugan Tanah Yang Anda Lakukan?

Dimana menunjukkan bahwa tidur siang yang berkualitas dapat memperkuat memori dan membantu mempertahankan informasi baru yang telah dipelajari.

Hal ini berarti tidur siang dapat memainkan peran yang signifikan dalam meningkatkan pembelajaran dan prestasi akademik.

Tidur siang yang terencana dan berkualitas bukanlah tanda kelemahan atau kecenderungan malas.

Sebaliknya, tidur siang dapat memberikan manfaat signifikan dalam meningkatkan kinerja kognitif, termasuk pemulihan otak, peningkatan kreativitas, dan kemampuan belajar yang lebih baik.

Oleh karena itu, menjadikan tidur siang sebagai bagian rutinitas harian kita dapat membantu kita mencapai potensi kognitif yang lebih besar dan meningkatkan produktivitas secara keseluruhan.

Baca Juga :  Mengenal Buah Biriba dan Segudang Manfaatnya

 

Sumber-sumber:
1. Mednick, S. C., Cai, D. J., Kanady, J., & Drummond, S. P. (2008). Comparing the benefits of caffeine, naps and placebo on verbal, motor and perceptual memory. Behavioural brain research, 193(1), 79-86.

2. Wieth, M. B., & Zacks, R. T. (2011). Time of day effects on problem solving: When the non-optimal is optimal. Thinking & Reasoning, 17(4), 387-401.

3. Spencer, R. M. (2013). Benefits of napping in healthy adults: Impact of nap length, time of day, age, and experience with napping. Journal of sleep research, 22(6), 741-746.

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News