Menkeu Paparkan Strategi Tingkatkan Penerimaan Negara Pada 2025

Avatar Of Tim Redaksi
92,25 Persen Pemda Raih Predikat Wtp, Kasus Korupsi Dan Ott Kok Makin Banyak? Menkeu Paparkan Strategi Tingkatkan Penerimaan Negara Pada 2025
Menteri Keuangan, Sri Mulyani

Satujuang- Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyampaikan sejumlah strategi untuk meningkatkan penerimaan negara menjadi 12,14 hingga 12,36 persen terhadap produk domestik bruto (PDB).

Dalam Rapat Kerja bersama Badan , Sri Mulyani menekankan pentingnya menjaga Pendapatan dan Belanja Negara (), Selasa (4/6/24).

Menkeu Paparkan Strategi Tingkatkan Penerimaan Negara Pada 2025

Dimana menjaga kestabilan itu melalui tiga area utama: meningkatkan pendapatan negara (collecting more), memperbaiki belanja (spending better), serta pembiayaan yang prudent dan inovatif.

Baca Juga :  Satgas TMMD Selalu Semangat Kerja dan Disebut Pasukan Anti Libur

Untuk mencapai peningkatan penerimaan negara, Sri Mulyani menegaskan pentingnya menjaga investasi dan serta meningkatkan efektivitas pelaksanaan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP).

Langkah-langkah yang akan diambil termasuk melanjutkan reformasi perpajakan, penguatan core tax, perbaikan CEISA, dan sinergi dengan PNBP melalui Simbara.

Baca Juga :  Aksi Operator Mesin Molen Satgas TMMD Ke-111 Kodim 1207/Pontianak

menargetkan rasio (tax ratio) pada tahun depan berada di kisaran 11,2 hingga 12 persen terhadap PDB, lebih tinggi dari realisasi 2023 sebesar 10,32 persen dan target 2024 sebesar 10,12 persen.

Upaya ini termasuk memperluas basis dan memperkuat perjanjian global untuk mencegah penghindaran , terutama dalam konteks digitalisasi dan perpajakan global.

Baca Juga :  Pangdam IV/Diponegoro Resmikan Poliklinik Eksekutif di Rumkit TNI Purwokerto

Namun, realisasi pendapatan negara per April 2024 mencapai Rp924,9 triliun, turun 7,6 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp1.000,6 triliun.

Penurunan ini menandakan perlunya upaya lebih intensif dalam mengoptimalkan penerimaan negara di masa mendatang.(Red/idntimes)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News