NIK Jadi NPWP Mulai Juli 2024, Ini Panduan Validasi dan Pengecekan

Avatar Of Tim Redaksi
Nik Jadi Npwp Mulai Juli 2024, Ini Panduan Validasi Dan Pengecekan Pemadanan Nik-Npwp Wajib Pajak Indonesia Mulai 1 Juli 2024
NPWP

Satujuang- Mulai 1 Juli 2024, Nomor Induk Kependudukan (NIK) akan menjadi Nomor Pokok Wajib (NPWP) yang baru bagi seluruh wajib .

Proses pemadanan NIK dengan NPWP berakhir pada 30 Juni 2024, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 112 Tahun 2022 tentang NPWP bagi Wajib Orang Pribadi, Wajib Badan, dan Wajib Instansi .

Nik Jadi Npwp Mulai Juli 2024, Ini Panduan Validasi Dan Pengecekan

Bagi wajib yang ingin memastikan apakah NIK mereka sudah terdaftar sebagai NPWP, mereka dapat melakukan pengecekan secara online melalui situs ereg..go.id/ceknpwp.

Baca Juga :  Binar Academy dan BCA SYNRGY Academy Gelar Pelatihan Batch Ke-5

Proses ini melibatkan masukan NIK, nomor Kartu (KK), dan kode captcha untuk memverifikasi status NPWP.

Jika NIK telah terintegrasi sebagai NPWP, status akan ditampilkan sebagai ‘Valid' bersama dengan informasi NPWP, nama Wajib , dan kantor pelayanan (KPP) pratama terdaftar.

Baca Juga :  Baintelkam Mabes Polri Kunjungan ke SMSI Pusat

 

Bagi yang belum terdaftar, mereka harus melakukan validasi NIK menjadi NPWP melalui djponline..go.id.

 

Proses ini memerlukan login menggunakan NIK/NPWP, kata sandi, dan kode keamanan. Setelah login, wajib perlu memasukkan NIK yang terdiri dari 16 digit, kemudian melakukan validasi.

 

Sistem akan memeriksa data tersebut dengan basis data Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil). Jika data valid, sistem akan memberikan notifikasi bahwa data telah terverifikasi.

Baca Juga :  Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN FAS Bengkulu Gelar Bimbingan Karir

Perubahan ini bertujuan untuk menyederhanakan proses administrasi perpajakan dengan mengintegrasikan NIK sebagai NPWP, mulai 1 Juli 2024.

Wajib diminta untuk mematuhi peraturan ini dan memastikan bahwa NIK mereka terdaftar secara benar sebagai NPWP untuk memenuhi kewajiban perpajakan mereka.(Red/CNN)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News