Pemdes Sungai Gerong Gelar Sosialisasi Kegiatan IDM Tahun 2024

Avatar Of Wared
Pemdes Sungai Gerong Gelar Sosialisasi Kegiatan Idm Tahun 2024
Sosialisasi Kegiatan Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2024 Desa Sungai Gerong

Satujuang- Desa (Pemdes) Sungai Gerong, Kecamatan Amen menggelar kegiatan Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2024.

Sosialisai IDM ini bertujuan untuk menetapkan status kemajuan dan kemandirian desa serta menyediakan data dan informasi dasar bagi pembangunan Desa.

Pemdes Sungai Gerong Gelar Sosialisasi Kegiatan Idm Tahun 2024

Data informasi berdasarkan tiga indeks, yaitu Indeks Ketahanan , Indeks Ketahanan dan Indeks Ketahanan Ekologi/Lingkungan.

“Saya berharap agar kedepan Desa Sungai Gerong, dari berkembang menuju desa maju, mengurangi tingkat kemiskinan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui pemutakhiran Data IDM berbasis SDGS sesuai program Dunia dari PBB,” ujar Edi Pjs Desa Sungai Gerong, Senin (27/5/24).

Baca Juga :  Pemdes Talang Liak I Gelar Pra Pelaksanaan Proyek Irigasi Baru

Edi juga menjelaskan, tujuan Pembangunan Berkelanjutan adalah 17 tujuan global dengan 169 capaian yang terukur dan tenggat yang telah ditentukan oleh PBB sebagai agenda dunia.

“Pembangunan untuk perdamaian dan kemakmuran manusia dan planet bumi sekarang dan masa depan dengan data yang telah di upload di IDM desa sungai gerong,” imbuhnya.

Baca Juga :  Rabat Beton Jadi Prioritas Pembangunan Desa Pasar Ipuh

Camat Amen, Indera mengatakan, kegiatan tersebut untuk mempercepat terealisasinya pemutakhiran Data IDM yang sesuai dengan Permendes PDTT nomor 02 tahun 2016 tentang IDM.

Lanjut Camat, Permendes PDTT tersebut harus berpedoman pada Permendes PDTT nomor 21 tahun 2020 tentang pedoman umum pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa yang salah satunya mengatur tentang pendataan desa.

Baca Juga :  Antusias Luar Biasa Warga Desa Tanjung Jaya Mukomuko Untuk Mengikuti Vaksinasi

“Saya harap kepada peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan serius, karena pemuktahiran data IDM ini merupakan program pusat untuk melihat perkembangan dan status desa,” ungkap Indera.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Sekcam Amen, Pendamping Desa, BPD, Perangkat Desa serta peserta IDM. (Fiky)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News