Pemkab Cianjur Perpanjang Masa Jabatan 50 Kepala Desa di Tujuh Kecamatan

Avatar Of Tim Redaksi
Pemkab Cianjur Perpanjang Masa Jabatan 50 Kepala Desa Di Tujuh Kecamatan
Ilustrasi

Satujuang- Kabupaten (Pemkab) Cianjur, , kembali memperpanjang masa jabatan 50 kepala desa di tujuh kecamatan dengan menerbitkan Surat Keputusan (SK) baru.

Penyerahan SK tahap kedua ini, yang ditargetkan selesai pada akhir Juni, merupakan bagian dari perpanjangan masa jabatan dua tahun untuk para kepala desa.

Pemkab Cianjur Perpanjang Masa Jabatan 50 Kepala Desa Di Tujuh Kecamatan

Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengumumkan bahwa sekitar 200 SK akan diterbitkan untuk memperpanjang masa jabatan kepala desa menjadi delapan tahun, Jumat (7/6/24).

Baca Juga :  Polres Demak Siagakan 400 Personel Gabungan Amankan Nataru

Desa-desa yang tidak mendapatkan perpanjangan karena adanya kekosongan akan diisi oleh Penjabat Kepala Desa (Pj Kades) dari kecamatan hingga pemilihan kepala desa serentak diadakan.

Herman menekankan pentingnya menjaga kondusifitas, terutama menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Cianjur 2024, dan memprioritaskan ketahanan .

Ia menginstruksikan kepala desa untuk memanfaatkan ketahanan secara optimal sesuai dengan potensi wilayah masing-masing guna meningkatkan perekonomian desa.

yang dialokasikan untuk ketahanan dapat digunakan melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) untuk membeli gabah dari petani dan mengolahnya menjadi .

Baca Juga :  Tim Wasrik Itdam V/Brawijaya Periksa Kodim 0830/Surabaya Utara

Ini akan membantu desa menjual dengan harga murah saat harga tinggi, sekaligus menekan laju akibat minimnya stok kebutuhan .

Herman juga meminta kepala desa untuk turun langsung ke masyarakat, mendengarkan keluhan mereka, dan menjalankan program yang dapat meningkatkan perekonomian, khususnya di sektor dan .

Baca Juga :  Permohonan Sidang Offline Dikabulkan Hakim, PH Terdakwa Samanhudi Mengaku Senang

Ia berharap langkah ini dapat meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang masih rendah di daerah tersebut.

Menurut informasi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Cianjur, 79 kepala desa telah menerima SK perpanjangan masa jabatan selama dua tahun.

Dengan 50 di antaranya berasal dari Kecamatan Cianjur, Cugenang, Cilaku, Warungkondang, Pacet, Cipanas, dan Gekbrong.(Red/antara)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News