Pemkab Lebong Salurkan Bansos Rehabilitasi Sarana dan Prasarana Pasca Banjir Bandang

Avatar Of Wared
Pemkab Lebong Salurkan Bansos Rehabilitasi Sarana Dan Prasarana Pasca Banjir Bandang
Bupati Lebong, Kopli Asori, Serahkan Bantuan Secara Simbolis

Satujuang- Kabupaten (Pemkab) menyerahkan untuk biaya rehabilitasi sarana dan prasarana rumah korban pasca bandang pada bulan April 2024 lalu, Senin (3/6/24).

diserahkan langsung oleh Kopli Ansori kepada 72 warga yang terdampak rumahnya rusak.

Pemkab Lebong Salurkan Bansos Rehabilitasi Sarana Dan Prasarana Pasca Banjir Bandang

yang diberikan kepada 72 tersebut berdasarkan data yang dihasilkan Tim Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (Jitupasna) Kabupaten yang terdampak setelah masa panik berlalu.

Pemkab Lebong Salurkan Bansos Rehabilitasi Sarana Dan Prasarana Pasca Banjir Bandang
Para Penerima Didapatkan Berdasarkan Data Dari Tim Jitupasna

diberikan bervariasi, tergantung dari tingkat kerusakan rumah, dari Rp2 juta sampai Rp18 juta.

Terdapat 8 kecamatan yang terdampak dari bencana pada 15 April lalu, mayoritas yang terkena dampak adalah warga yang berada di pinggir aliran sungai Ketahun.

Baca Juga :  Saat Musrenbangkab 2022, Bupati Lebong : Jangan Fokus Pada Program Fisik

Berdasarkan bencana tersebut, daerah melalui keputusan nomor 179 tahun 2024 mengeluarkan dan menetapkan status keadaan darurat bencana dan di kabupaten , yang ditetapkan selama 14 hari terhitung tanggal 17 April sampai 30 April 2024.

‘'Dengan ditetapkan keputusan tersebut, maka fokus saat ini ialah penanganan dan penanggulangan korban , namun tetap dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dan regulasi yang ada, jangan sampai nantinya kami yang susah, karena para penerima tidak mengindahkan aturan yang ada untuk memperbaiki rumahnya, maka akan susah pertanggungjawaban di pemeriksaan nantinya,'' ujar Bupati.

Baca Juga :  Pemkab Lebong Terima Penghargaan dari Ombudsman
Pemkab Lebong Salurkan Bansos Rehabilitasi Sarana Dan Prasarana Pasca Banjir Bandang
Nilai Yang Disalurkan Beragam, Dana Berasal Dari 13 Donatur

Disamping donasi berbentuk bahan logistik, posko bencana dan juga menerima berupa sumbangan dalam bentuk uang tunai tercatat 98.800.000 yang bersumber dari 13 donatur.

“Dalam menghadapi sebuah bencana tentunya kita tidak boleh panik dan segera mengatasinya. Oleh karena itu, daerah dan masyarakat Kabupaten dapat melewati masa bencana tersebut dengan segala upaya yang telah disiapkan. Semoga bencana ini bisa memberikan pelajaran yang berharga untuk kita semua, serta yang diberikan dapat bermanfaat dan meringankan beban korban ,” tutup Kopli.

Baca Juga :  Pemkab Lebong dan Kejari Tandatangani Nota Kesepakatan

Turut hadir dalam acara itu, Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik, , Pabung , Danramil Lebong Selatan, Asisten III Setda Lebong, kepala SKPD dan para penerima . (Adv/Fiky)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News