Pemprov Bengkulu Targetkan Indeks SPBE Tahun 2024 Naik, Dinas Kominfotik Gandeng UGM

Avatar Of Wared
Pemprov Bengkulu Targetkan Indeks Spbe Tahun 2024 Naik, Dinas Kominfotik Gandeng Ugm
Rapat Evaluasi Pelaksanaan SPBE Tahun 2023 dan Rencana Pelaksanaan SPBE Tahun 2024 Ini Dipimpin Oleh Asisten II Setda Provinsi Bengkulu, RA Denny

Satujuang- Ditahun 2024 ini, Provinsi (Pemprov) kembali meningkatkan target untuk capaian Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Hal ini mengacu pada capaian sepanjang 2018 – 2023 dimana Indeks SPBE diketahui terus meningkat secara signifikan.

Pemprov Bengkulu Targetkan Indeks Spbe Tahun 2024 Naik, Dinas Kominfotik Gandeng Ugm

Hal ini diungkapkan Asisten II Setda , RA Denny, usai pimpin Rapat Evaluasi Pelaksanaan SPBE Tahun 2023 dan Rencana Pelaksanaan SPBE Tahun 2024, di Ruang Rapat Raflesia, Kantor , Kamis (2/5/24).

“Jadi tadi sudah kita rapatkan dan koordinasikan bersama Dinas Kominfotik dan beberapa OPD bidang layanan publik lainnya. Target kita Indeks SPBE tahun 2024 pada angka 3,2,” ungkap RA Denny dalam keterangannya.

Baca Juga :  Gubernur Akan Nobatkan Ashanty Jadi Duta di HUT ke-54 Bengkulu

Peningkatan layanan SPBE ini, akan dilakukan melalui Dinas Kominfotik. Pemprov juga telah menentukan beberapa indikator yang harus disiapkan OPD bidang pelayanan publik.

Pemprov Bengkulu Targetkan Indeks Spbe Tahun 2024 Naik, Dinas Kominfotik Gandeng Ugm
Dalam Rapat Ini, Pihak Dinas Kominfotik Menyebut Akan Bekerja Sama Dengan Universitas Gajah Mada

Ditempat yang sama, Kepala Dinas () Kominfotik , Oslita, mengatakan bahwa kenaikan terget Indeks SPBE telah sesuai dengan RPJMD 2024, yaitu sebesar 0,8 poin.

“Kita harapkan bisa melebihi target yang ditentukan, karena Kominfotik juga telah menyiapkan peta rencananya bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM),” terang Oslita.

Baca Juga :  Gubernur dan Wagub Bengkulu Rakor Hasil Pilkada 2020 Bersama Presiden RI Secara Virtual

Kata Oslita, SPBE merupakan penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan untuk memberikan layanan kepada masyarakat.

Seperti yang tertuang pada Peraturan No 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

“SPBE bukan hanya sekedar penggunaan atau sistem informasi dalam pengerjaan operasional kegiatan keseharian pemerintahan. Lebih dari itu, SPBE meliputi beberapa domain antara lain Domain Kegiatan Pemerintahan, Teknologi dan Informasi serta Layanan,” pungkasnya.

Baca Juga :  Pisah Sambut Kadis Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu

Di domain Kegiatan Pemerintahan, ruang lingkup SPBE meliputi Rencana Induk SPBE, Proses , dan Belanja SPBE serta Data dan Informasi Elektronik.

Di Domain Teknologi dan Informasi, SPBE meliputi Penyediaan Pusat Data Terpadu, Jaringan Intra , Sistem Penghubung Layanan , Layanan SPBE serta Keamanan Informasi .

Sementara di Domain Layanan, SPBE meliputi Layanan Administrasi Pemerintahan Berbasis Elektronik dan Layanan Publik Berbasis Elektronik. (Red/Adv)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News