Penemuan Gliese 12 b, Exoplanet Berpotensi Layak Huni Dekat Bumi

Avatar Of Tim Redaksi
Penemuan Gliese 12 B, Exoplanet Berpotensi Layak Huni Dekat Bumi Tata Surya Terbentuk Dalam Bentuk Toroidal? Temuan Meteorit Membuka Misteri Ini
Ilustrasi Planet

Satujuang- Sekelompok peneliti internasional telah menemukan exoplanet baru yang berpotensi layak huni, diberi nama Gliese 12 b.

Planet ini ditemukan oleh ilmuwan dari berbagai organisasi internasional, termasuk University of Warwick dan University College of London di Inggris, University of Southern Queensland di Australia, Astrobiology Center dan University of di , bekerja sama dengan NASA dan ESA.

Penemuan Gliese 12 B, Exoplanet Berpotensi Layak Huni Dekat Bumi

Gliese 12 b, yang lebih kecil dari Bumi namun lebih besar dari Venus, mengorbit bintang katai merah kecil dan dingin. Bintang ini terletak sekitar 40 tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Pisces.

Baca Juga :  BIN Gelar Vaksinasi di Kantor Pos Sekaligus Bagikan Minyak Goreng

Planet ini menyelesaikan satu orbit setiap 12,8 hari dan memiliki suhu permukaan sekitar 42 derajat Celsius. Namun, komposisi atmosfer Gliese 12 b masih belum diketahui.

Para peneliti menggunakan data dari satelit NASA dan ESA untuk mengonfirmasi keberadaan dan karakteristik planet ini, termasuk ukurannya, suhunya, dan jaraknya dari Bumi.

Baca Juga :  Panitia Al-Mubarok : Idul Adha Momen Berbagi Sesama Muslim

Dr. Thomas Wilson dari University of Warwick menyebutkan bahwa Gliese 12 b adalah planet terdekat dengan ukuran dan suhu mirip Bumi yang diketahui saat ini.

Larissa Palethorpe dari University College of London menambahkan bahwa Gliese 12 b adalah kandidat unik untuk penelitian lebih lanjut mengenai atmosfer, yang dapat membantu memahami evolusi planet di tata surya.

Baca Juga :  Purna Tugas, 5 Personel Polres Demak Mendapat Penghargaan

Penemuan ini telah dipublikasikan dalam dua jurnal ilmiah, yaitu Monthly Notices of the Royal Astronomical Society dan The Astrophysical Journal Letters, pada 23 Mei 2024.(Red/kumparan)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News