Peringati Sumpah Pemuda, Kapolres Banjarnegara : Perbedaan Jadi Kekuatan

Avatar Of Arief
Kapolres Banjarnegara Sumpah Poemuda
Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 yang dilaksanakan Polres Banjarnegara.

menggelar Peringatan Sumpah Pemuda Ke-94 di Halaman Mapolres , Jumat (28/10/22).

Bertindak sebagai inspektur Kapolres AKBP Hendri Yulianto, Komandan Kanit Regident IPTU Ali Purnomo dan Perwira Kapolsek Pagedongan Iptu Munawar.

Peringati Sumpah Pemuda, Kapolres Banjarnegara : Perbedaan Jadi Kekuatan

Dengan tema “Bersatu Bangun Bangsa” kegiatan ini diisi dengan pengibaran Bendera Merah Putih, pembacaan teks , pembacaan Pembukaan UUD 1945.

Selanjutnya pembacaan Kongres Keputusan Pemuda, menyanyikan Satu Nusa Satu Bangsa, amanat dan pembacaan do'a.

Baca Juga :  Panglima TNI : Vaksinasi Anak Tangkal Varian Omicron

Kapolres AKBP Hendri Yulianto mengatakan, Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur.

Perbedaan berbagai kepentingan itu menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

“Peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar,” katanya saat membacakan Amanat Menteri Pemuda dan Republik .

Baca Juga :  Pangdam IV/Diponegoro Pimpin Sertijab Danrem 073/MKT dan Dandenmadam IV/Dip

Peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi .

“Peran pemuda telah tercatat dengan tinta sepanjang masa,” ujar dia.

Menurut dia, peringatan Hari Sumpah Pemuda ini selalu memilik arti penting karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan .

“Pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang, apa yang dilakukan oleh pemuda di masa sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa di masa yang akan datang,” ucapnya.

Baca Juga :  Jalin Silaturahmi, Danjen Kopassus Kunjungi Kapolda Jateng

Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa.

“Marilah kita jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda yang Ke-94 ini sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kita bersama membangun bangsa,” tandasnya. (red/hdi).

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News