Pj Walikota Bengkulu Akui Program Kartu Prakerja Mampu Kurangi Pengangguran

Avatar Of Wared
Pj Walikota Bengkulu Akui Program Prakerja Mampu Kurangi Pengangguran
Arif Gunadi Saat Menghadiri Rilis Laporan Pelaksanaan Program Kartu Prakerja Tahun 2023 oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI di Jakarta

Satujuang- Penjabat (Pj) Walikota Arif mengaku program Kartu Prakerja yang diluncurkan pusat pada masa pandemi lalu terbukti mampu mengurangi tingkat pengangguran di kota ini.

Ia menjelaskan bahwa program Kartu Prakerja telah memberikan dampak positif bagi masyarakat yang terdampak pandemi. Ini ia ungkapkan saat mengikuti kegiatan Rilis Laporan Pelaksanaan Program Kartu Prakerja Tahun 2023 oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI di , Rabu (15/5/24).

Pj Walikota Bengkulu Akui Program Kartu Prakerja Mampu Kurangi Pengangguran

Program Kartu Prakerja dinilainya tidak hanya meningkatkan kompetensi, tetapi juga membuka peluang bagi warga untuk mendapatkan pekerjaan baru atau memulai usaha mandiri.

Baca Juga :  Wawali Dedy Wahyudi Bertekad Mempertahankan Predikat Kota Sehat Swasti Saba Wistara

Di Kota , jumlah penerima efektif program kartu prakerja 2020–2022 sebesar 51.839. Untuk 2023 – 2024 sebesar 1.643. Ini menunjukkan minat masyarakat di Kota begitu banyak.

Tak hanya itu, program ini secara tak langsung juga mengurangi angka pengangguran di Kota . Data terbaru dari Badan Pusat Statistik (BPS). Angka pengangguran yang ada di Kota mengalami penurunan. Hasil survei tersebut didapat berdasarkan data yang telah diinput yang dilakukan pada akhir tahun 2023 lalu.

Baca Juga :  Pemkot Bengkulu Berencana Gandeng Mahasiswa Atasi Masalah Sampah

Untuk Kota sendiri jumlah pengangguran mengalami penurunan tahun 2023 ada di persentase 5,04%. Apabila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya dari 2021 6,35%, dan di tahun 2022 terdapat 6,15%.

Oleh karena itu, ditahun 2024, Pj Walikota mengusulkan program beasiswa pelatihan prakerja disamping online juga offline dengan memanfaatkan 87 LPK dan LKP di Kota sesuai kebutuhan kerja yaitu terkait perhotelan, bahasa inggris, komputer, perbengkelan, menjahit, tata boga, mengemudi mobil, teknik administrasi dan lainnya.

Baca Juga :  Beredar Kabar Jembatan Putus di Kota Bengkulu, Dedy Wahyudi : Itu Hoax

Hal ini juga sebagai bentuk perhatian Pj Walikota dengan mencurahkan segala daya dan upaya agar warganya bisa mendapatkan pelatihan yang laik dan membuka lebar peluang kerja dan usaha ke depannya. (Adv)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News