Polda Metro Jaya Kesulitan Menahan Firli Bahuri, KPK Siap Ambil Alih Kasus

Avatar Of Tim Redaksi
Mantan Ketua Kpk Diduga Meminta Uang Sebesar Rp50 Miliar Ke Syl Polda Metro Jaya Kesulitan Menahan Firli Bahuri, Kpk Siap Ambil Alih Kasus
Firli Bahuri

Satujuang- Penyidikan kasus pemerasan yang melibatkan mantan Ketua , Firli Bahuri, oleh Polda Jaya terus menghadapi kendala, Rabu (3/7/24).

Meskipun ditetapkan sebagai tersangka sejak November 2023, Firli Bahuri masih belum ditahan setelah lebih dari 200 hari. Proses hukumnya dinilai mandek, bahkan menarik perhatian Komisi III DPR.

Polda Metro Jaya Kesulitan Menahan Firli Bahuri, Kpk Siap Ambil Alih Kasus

Di tengah kondisi ini, terdapat opsi bagi untuk mengambil alih kasus ini berdasarkan kewenangan yang diberikan dalam undang-undang.

Baca Juga :  Musda KAGAMA Bengkulu, Secara Aklamasi Rohidin Kembali Terpilih Sebagai Ketua

Menurut para ahli , dapat meminta pengambilalihan jika penanganan yang dilakukan oleh kepolisian dianggap tidak memadai atau terhambat.

Firli Bahuri diduga terlibat dalam kasus pemerasan terkait dengan politikus Syahrul Yasin Limpo, yang juga terlibat dalam kasus di Kementerian .

Baca Juga :  Anggota satgas TMMD siapkan kayu untuk bahan bakar memasak.

Meskipun demikian, proses penyidikan yang dijalankan Polda Jaya masih terus berlangsung tanpa kepastian mengenai penahanan Firli.

Upaya yang dilakukan oleh Firli juga mencakup gugatan praperadilan yang beberapa kali diajukan, meskipun hasilnya belum mengubah statusnya sebagai tersangka.

Dalam perkembangan terbaru, Firli dicegah untuk meninggalkan selama enam bulan ke depan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi.(Red/kumparan)