Polres Salatiga Jamin Keamanan Perayaan Ibadah Natal Aman

Avatar Of Arief
Polres Salatiga Jamin Keamanan Perayaan Ibadah Natal Aman
Kapolres Salatiga AKBP Indra Mardiana turut terjun dalam sterilisasi gereja-gereja di Kota Salatiga

Salatiga – Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2023, Sat Samapta Polres Salatiga melaksanakan sterilisasi gereja dengan mengerahkan anjing pelacak Unit K9 spesialisasi bahan peledak dengan menyisir sejumlah gereja yang ada di Kota Salatiga, Jumat (23/12/22).

Menjaga situasi Kamtibmas aman menjelang perayaan ibadah Natal dan Tahun Baru, Kasat Samapta Polres Salatiga, AKP Asikin pimpin penyisiran beberapa gereja di Salatiga guna antisipasi adanya teror bom.

Polres Salatiga Jamin Keamanan Perayaan Ibadah Natal Aman

Kapolres Salatiga AKBP Indra Mardiana, SH, SIK, M.Si yang turut terjun langsung memimpin pelaksanaan sterilisasi menyatakan bahwa pelaksanaan sterilisasi atau pemeriksaan di gereja adalah sebagai bentuk pencegahan terhadap potensi tindak kejahatan, khususnya yang terkait dengan aksi terorisme dengan bahan peledak.

Baca Juga :  Dua Rumah Warga Desa Karangsari Kebakaran, Bhabinkamtibmas Cek TKP

“Jadi sterilisasi ini adalah tindakan preventif dari Aparat Kepolisian guna memastikan keamanan dan kenyamanan pada saat umat Kristiani melaksanakan Ibadah,” jelas AKBP Indra Mardiana.

“Seluruh gereja yang ada di Kota Salatiga telah kita tempatkan personil untuk melaksanakan pengamanan, sterilisasi ini sebagai bentuk dukungan untuk mewujudkan keamanan dan kenyamanan pada saat Perayaan Natal,” tandas Indra.

Pemeriksaan dan sterilisasi dilakukan di beberapa gereja, diantara Gereja Eklesia di Osamaliki dan Gereja Bethany Jl. Jend Sudirman dan gereja lainnya.

Baca Juga :  Kapolda Kepri Pimpin Sertijab Wakapolda Dan Pju Polda

“Hasil dari sterilisasi, potensi gangguan kamtibmas maupun aksi kejahatan yang dapat membahayakan jemaat yang akan melaksanakan ibadah dapat kita sampaikan tidak ada, semuanya aman”, jelasnya.

Untuk sasaran sterilisasi adalah benda mencurigakan dan dinilai membahayakan bagi keselamatan.

“Selanjutnya gereja yang sudah disterilisasi kemudian pengamanannya diperketat baik oleh pengamanan pihak dalam maupun dari Aparat Kemananan yang telah terploting di gereja,” imbuh Indra.

Baca Juga :  Kajati Bengkulu Berganti, Dr Heri Jerman Gantikan Agnes Triyani

Polres Salatiga menerjunkan setidaknya 500 Personil untuk melaksanakan pengamanan Ibadah Nataru, dan juga dibantu dari rekan , Satpol PP, dan Banser. Serta Ormas lainnya yang peduli terhadap Keamanan Kota Salatiga.

“Dengan sistem pengamanan ini diharapkan masyarakat khususnya umat Kristiani yang menjalankan Ibadah Misa dapat merasa aman dan nyaman, khusyuk dalam beribadah, kemudian masyarakat lainnya juga dapat beraktifitas dengan aman dan lancar,” tutup AKBP Indra Mardiana. (red/hdi).

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News