PP Baru, Tapera Wajib bagi Semua Pekerja dengan Potongan 3% Gaji

Avatar Of Tim Redaksi
Pp Baru, Tapera Wajib Bagi Semua Pekerja Dengan Potongan 3% Gaji
Ilustrasi

Satujuang- pekerja di , termasuk karyawan swasta, akan mengalami potongan tambahan untuk simpanan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera).

Kebijakan ini tertuang dalam Peraturan (PP) Nomor 21 Tahun 2024 tentang Perubahan Atas PP Nomor 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tapera yang ditandatangani Joko Widodo pada 20 Mei 2024.

Pp Baru, Tapera Wajib Bagi Semua Pekerja Dengan Potongan 3% Gaji

PP Tapera Pasal 5 mengatur bahwa setiap pekerja berusia minimal 20 tahun atau sudah menikah dengan penghasilan minimal sebesar upah minimum wajib menjadi peserta Tapera.

Pasal 7 memperluas kewajiban ini tidak hanya untuk , , -, dan BUMN, tetapi juga termasuk karyawan swasta dan pekerja lain yang menerima atau upah.

Baca Juga :  Dandim 1201 Berharap Jajarannya Aktif Memantau Perkembangan Kasus Covid-19

“Setiap pekerja dan pekerja mandiri yang berpenghasilan paling sedikit sebesar upah minimum wajib menjadi peserta,” demikian bunyi Pasal 5 ayat 3 PP tersebut.

memberikan batas waktu hingga tahun 2027 untuk pendaftaran pekerja kepada Badan Pengelola (BP) Tapera, berdasarkan ketentuan dalam PP 25/2020.

Simpanan peserta Tapera akan dibayarkan oleh pemberi kerja dan pekerja itu sendiri, sementara pekerja mandiri akan membayarnya sendiri.

Baca Juga :  Gubernur NTB : Jaringan Sehat, Kunci Jalankan Organisasi dan Jadi Pemimpin Sukses

Besaran simpanan peserta Tapera diatur dalam Pasal 15 PP 21/2024, yaitu sebesar 3 persen dari atau upah untuk peserta pekerja, dan 3 persen dari penghasilan untuk pekerja mandiri.

Rinciannya, pekerja menanggung 2,5 persen sementara pemberi kerja menanggung 0,5 persen. Pekerja mandiri atau freelancer menanggung sendiri seluruh 3 persen.

Perhitungan besaran simpanan ini dilakukan berdasarkan atau upah yang dilaporkan setiap bulan.

Untuk pekerja yang menerima dari atau APBD, pengaturan ini dilakukan oleh menteri keuangan berkoordinasi dengan menteri pendayagunaan aparatur negara.

Baca Juga :  Polres Mukomuko Gelar Apel Pasukan Ops Ketupat Nala 2024

Bagi pekerja BUMN, BUMD, dan swasta, diatur oleh menteri ketenagakerjaan. Untuk pekerja mandiri, pengaturan dilakukan oleh BP Tapera.

Pemberi kerja diwajibkan menyetorkan simpanan Tapera setiap bulan paling lambat tanggal 10 bulan berikutnya ke Rekening Dana Tapera.

Pekerja mandiri juga harus menyetorkan simpanan pada tanggal yang sama, atau pada hari kerja pertama setelah tanggal 10 jika tanggal tersebut merupakan hari libur.(Red/CNN)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News