Prabowo Yakin Ekonomi Tumbuh 8%, Bank Dunia dan ADB Skeptis

Avatar Of Tim Redaksi
Prabowo : Keputusan Saya Bergabung Ke Pak Jokowi Sudah Tepat Jelang Pemilu, Prabowo Subianto Bahas Kandidat Cawapresnya Prabowo Yakin Ekonomi Tumbuh 8%, Bank Dunia Dan Adb Skeptis
Prabowo Subianto

Satujuang- terpilih yakin bahwa pertumbuhan bisa mencapai 8 persen dalam 2-3 tahun masa pemerintahannya.

Namun, proyeksi Bank Dunia dan institusi keuangan lainnya tidak setinggi itu.

Prabowo Yakin Ekonomi Tumbuh 8%, Bank Dunia Dan Adb Skeptis

Dalam Economic Forum 2024, Prabowo menegaskan keyakinannya dapat mencapai dan melampaui target tersebut.

Berikut adalah rangkuman proyeksi pertumbuhan dari beberapa institusi keuangan internasional:

Bank Dunia dalam laporan Global Economic Prospect Juni 2024, memproyeksikan pertumbuhan mencapai 5 persen pada tahun ini, naik dari proyeksi Januari sebesar 4,9 persen. Proyeksi untuk tahun 2025 juga naik menjadi 5,1 persen.

Baca Juga :  Kasdam IV/Diponegoro Lantik 567 Mantan Siswa Jadi Prajurit Dua

diproyeksi mendapat manfaat dari pertumbuhan kelas menengah, dan ekonominya meningkat rata-rata 5,1 persen selama dua tahun ke depan,” tulis dokumen tersebut, Kamis (13/6/24).

Asian Development Bank (ADB) menilai bahwa mencapai pertumbuhan 8 persen akan sulit.

ADB memproyeksikan pertumbuhan akan tetap di angka 5 persen pada 2024 dan 2025, didorong oleh permintaan domestik yang mengimbangi kontribusi non-ekspor.

Baca Juga :  Musik Rebana Ala Satgas TMMD

“Ini terkait target Prabowo pertumbuhan 8 persen, kalau lihat kondisi seperti sekarang berat,” ujar ADB Principal Economist, Arief Ramayandi, Kamis (16/5).

Standard Chartered melihat bahwa target Prabowo bisa dicapai dengan sejumlah pekerjaan rumah yang harus diselesaikan, terutama dalam hal kepastian dan mendukung kelancaran rantai pasok.

“Ada beberapa sektor yang harus ditingkatkan lebih lanjut. harus memegang peranan lebih besar dalam rantai pasok global, tapi kebijakan harus disesuaikan untuk membuat investasi lebih kondusif,” kata Cluster CEO and ASEAN Markets, Rino Donny Donosepoetro, Kamis (16/5).

Baca Juga :  Penemuan Pemuda Sarmatia Abad ke-1, Terungkap Melalui Detektif DNA

IMF memprediksi pertumbuhan akan stabil di angka 5 persen pada 2024, dan sedikit naik menjadi 5,1 persen pada 2025, menurut laporan World Economic Outlook edisi April 2024.(red/kumparan)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News