Rini Syarifah Jadi Inspektur Upacara Harkitnas ke-116: Bangkit Untuk Indonesia Emas

Avatar Of Wared
Rini Syarifah Jadi Inspektur Upacara Harkitnas Ke-116: Bangkit Untuk Indonesia Emas
Pelaksanaan Upacara Peringatan Harkitnas ke-116 di Aloon-aloon Kanigoro Kabupaten Blitar

Satujuang- Kabupaten menggelar peringatan Hari Kebangkinan (Harkitnas) ke-116 dengan tema ‘Bangkit Untuk ', di aloon-aloon Kanigoro kabupaten , Senin (20/5/24).

Hj Rini Syarifah yang menjadi inspektur upacara menjelaskan bahwa Kartini merupakan pembaharu dalam menggagas sebuah imajinasi mengenai sebuah tatanan masyarakat yang merdeka, dan sebuah cita-cita ideal baru tentang bangsa yang lebih besar dibandingkan asal-usul sosialnya sendiri.

Rini Syarifah Jadi Inspektur Upacara Harkitnas Ke-116: Bangkit Untuk Indonesia Emas

“Apa yang digagas Kartini telah jauh melampaui kisah hidupnya sendiri. la telah memberikan inspirasi penting bagi sumbu-sumbu kecil, yakni para kaum muda, embrio bangsa, yang perlahan menjadi nyala berkobar yang kemudian kita kenal sebagai pergerakan kebangkitan ,” kata Mak Rini panggilan akrab .

Baca Juga :  Jadi Camat Binangun, Benny Siap Memajukan Wilayahnya

Menurut Mak Rini, Embrio Indonesia lahir dari kemajuan modern dan pencerahan, dari kaum muda berpendidikan yang tidak kehilangan identitas ke-Indonesiaannya.

Embrio Indonesia lahir dari keragaman pikiran para ‘kaum muda' sebagai ‘embrio bangsa'.

Ditangan kaum muda terdidik inilah cita-cita dan kebebasan dirumuskan dan diperjuangkan. Alam hanya bisa dicapai jika manusia setara dan bebas.

Manusia yang bebas dan setara hanya dimungkinkan jika manusia tersebut terpelajar dan berpendidikan.

“Dari merekalah semangat kebangkitan lahir. Kebangkitan adalah penanda lahirnya zaman baru, Pencetus cara berpikir baru. Semangat kebangkitan merumuskan sebagai wahana memperjuangkan kedaulatan dan kemuliaan manusia,” paparnya.

Lebih lanjut Mak Rini menjelaskan, apa yang digagas Boedi Oetomo, Kartini dan para embrio bangsa, kemudian dirumuskan sebagai ‘ ' yang akan membawa bangsa Indonesia menikmati kehidupan sejahtera lahir dan batin di atas sendiri.

Baca Juga :  Perhutani KPH Blitar Tingkatkan Sinergi dengan Pemkab Melalui Melalui Kunjungan Silaturahmi

juga menekankan bahwa di ujung ‘ ' akan selalu ada kemungkinan yang dapat membawa Indonesia menuju kebaikan ataupun sebaliknya. yang dalam bahasa ‘bahagia bersama atau menangis bersama'.

“Di sinilah mengingatkan kita pentingnya ‘momen' agar kita mengambil keputusan yang tepat dan cermat untuk membawa kita pada yang mengarah kepada kebaikan bagi seluruh rakyat Indonesia,” imbuhnya.

Terakhir Mak Rini menambahkan,
Perekonomian Indonesia harus tumbuh di kisaran 6 hingga 7% untuk dapat mencapai target negara berpendapatan tinggi atau negara maju pada tahun 2045.

Baca Juga :  Kabid Tata Ruang: Tahun 2023 PUPR Kabupaten Blitar Ajukan RDTR Tiga Kecamatan  

Dengan pencanangan percepatan transformasi digital oleh Bapak Joko Widodo yang dipacu beberapa tahun terakhir ini.

“Kebangkitan kedua merupakan momen terpenting bagi kita hari ini. Kita harus menatap masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri, dan keyakinan. Kemajuan telah terpampang di depan mata. Momen ini mesti kita tangkap agar kita langgeng di titik inilah, seluruh potensi sumber daya alam kita, bonus demografi kita, potensi transformasi digital kita, menjadi modal dasar menuju ‘Indonesia 2045'. Mari kita rayakan kebangkitan kedua menuju Indonesia ,”imbuhnya. (ADV/kmf/Herlina)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News