Sidang PHPU Pilpres 2024, MK Tolak Eksepsi Termohon 

Avatar Of Tim Redaksi
Sumardi Apresiasi Putusan Mk Putuskan Pemilu 2024 Sistem Terbuka Dianggap Banyak Bertanya, Ketua Mk Ditegur Saksi Ganjar-Mahfud Sengketa Hasil Pilpres 2024 Jadi Rekor Amicus Curiae Terbanyak Sidang Phpu Pilpres 2024, Mk Tolak Eksepsi Termohon 
Gedung Mahkamah Konstitusi

Satujuang- Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) menolak eksepsi yang diajukan oleh Termohon dan Pihak Terkait terkait perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) , Senin (22/4/24).

Hakim MK Saldi Isra menegaskan bahwa MK memiliki kewenangan untuk mengadili permohonan pemohon, bahwa eksepsi yang ditolak tidak beralasan karena tidak berfokus pada penghitungan kuantitatif, melainkan pada pelanggaran kualitatif yang bersifat terstruktur, sistematis, dan masif.

Sidang Phpu Pilpres 2024, Mk Tolak Eksepsi Termohon 

MK menjelaskan bahwa jika ada indikasi ketidakpemenuhan asas-asas , termasuk sebelum penetapan hasil, maka MK memiliki kewajiban untuk mengadilinya.

Baca Juga :  Pengusaha Sukses Tomi Gandhi Sasongko Gelar Halalbihalal Bersama Insan Media

Penetapan suara sah hasil merupakan bagian dari yurisdiksi MK sejak tahun 2004, yang tercermin dalam putusan sebelumnya.

Meskipun demikian, MK menegaskan bahwa sebagai lembaga konstitusional, tidaklah tepat jika MK dijadikan penyelesaian untuk semua masalah yang terjadi selama tahapan .

Baca Juga :  HUT 2 Tahun GELORA, DPW Bengkulu Targetkan Raih Satu Kursi DPR-RI

Posisinya bukan sebagai ‘keranjang ' untuk menyelesaikan semua masalah di .

Dalam putusan hari Senin, MK menolak gugatan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud yang meminta pembatalan keputusan tentang hasil dan mendiskualifikasi Prabowo-Gibran sebagai peserta.

Mereka juga meminta pemungutan suara ulang tanpa kehadiran Prabowo-Gibran. MK menetapkan penolakan terhadap gugatan tersebut.(NT/antara)