Tahun Baru Imlek, Umat Konghucu Bengkulu Sambut Penuh Suka Cita

Avatar Of Arief
Tahun Baru Imlek, Umat Konghucu Bengkulu Sambut Penuh Suka Cita
Penampilan Barongsai tampak menyambut suka cinta warga China yang merayakan Imlek

– Umat Konghucu merayakan Tahun Baru Imlek 2574/2023 Masehi di Vihara Buddhayana Kota .

Setelah dua tahun dilanda , penampilan Barongsai tampak menyambut suka cinta warga China yang merayakan Imlek pada hari Minggu, (22/1/23).

“Selama pandemi , penampilan Barongsai dihentikan, dan tahun ini pertama kali gelar kembali,” kata Pelatih Barongsai , Suraji Wijaya.

Suraji melihat masyarakat antusias menyaksikan aksi Barongsai yang didatangkan dari luar . Dengan momentum itu, para aktor atrasi menyajikan keahliannya menari dan memukau penonton.

Perayaan Imlek dengan pertunjukan Barongsai tidak dapat dipisahkan menurut Ketua Vihara Buddhayana , Romo Pandita Chandra Metta.

Dengan adanya gelaran ini, menjadi pelengkap sekaligus hiburan menyambut tahun kelinci air.

Selain itu, perayaan Imlek tahun ini sangat meriah meskipun sebagian umat melaksaan ibadah di luar Kota .

Ia berharap agar umat dapat menjalani hidup lebih baik dari tahun sebelumnya dan diberikan keselamatan agar diberi kesehatan, kebahagian, umur panjar serta banyak rezeki.

“Terkait menghadapi resesi kita mengimbau kepada umat untuk berhati hati serta tidak boros,” ujarnya.

Perayaan Imlek 2574 atau tahun baru China pada 2023 dilaksanakan tanpa adanya pembatasan seperti tahun sebelumnya akibat adanya pandemi .

“Perayaan Imlek kali ini akan digelar tanpa adanta pembatasan pandemi , sehingga akan diikuti oleh ratusan umat untuk melakukan peribadatan,” terang Romo Pandita.

Pihaknya tidak melakukan penambahan ritual peribadatan meskipun perayaan Imlek tahun dilakukan tanpa adanya pembatasan.

Ritual yang dilakukan sama seperti biasanya, hanya saja jumlah ummat yang mengikuti peribadatan di Vihara pada perayaan Imlek nantinya tidak dibatasi.

Romo Pandita menerangkan bahwa Vihara Budhayana telah dihias dengan puluhan lampion, ratusan lilin pelita serta pernak pernik lainnya pada perayaan Imlek tahun ini. (red/nt)