Terkait Kenaikan Tarif Listrik, PLN Akan Ikuti Arahan Pemerintah 

Avatar Of Tim Redaksi
Ada Promo Jelang Tahun Baru 2024 Dari Pln, Begini Cara Dapatnya Terkait Kenaikan Tarif Listrik, Pln Akan Ikuti Arahan Pemerintah  Kebijakan Baru, Tarif Listrik Juli 2024 Tidak Berubah
PLN

Satujuang- Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo, menyatakan bahwa keputusan terkait penyesuaian tarif listrik sepenuhnya berada di bawah wewenang .

Dengan demikian, PLN tidak dapat memberikan jaminan apakah tarif akan naik atau turun.

Terkait Kenaikan Tarif Listrik, Pln Akan Ikuti Arahan Pemerintah 

“PLN siap untuk mengikuti arahan yang diberikan oleh terkait hal ini,” ujar Darmawan dalam penjelasannya kepada media, Kamis (30/5/24).

Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR, Darmawan memastikan bahwa penyaluran subsidi listrik kepada masyarakat yang membutuhkan tetap berjalan efektif.

Baca Juga :  Kunjungi PKSM, FKMO : Terobosan Cemerlang Ditengah Harga Sawit Yang Anjlok

Subsidi ini secara khusus diberikan kepada 40,4 juta pelanggan, termasuk rumah tangga kecil, kecil, dan sektor-sektor lainnya.

“PLN terus berupaya memastikan bahwa subsidi tersebut tepat sasaran dengan mengintegrasikan data pelanggan dengan web service DTKS Kementerian ,” imbuhnya.

Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sebelumnya telah menyampaikan keputusan bahwa tidak akan ada kenaikan tarif listrik hingga Juni 2024, sesuai dengan hasil sidang kabinet .

Baca Juga :  Jajaran Polres Kota Malang Sujud Massal, Mohon Maaf Tragedi Kanjuruhan

Meskipun demikian, keputusan ini berdampak pada melebarnya target defisit 2024, yang semula sebesar 2,29 persen dari PDB menjadi 2,8 persen.

Selain itu, penambahan kuota subsidi pupuk dan untuk program langsung tunai () juga menjadi faktor penyebab melebarnya defisit.

Baca Juga :  Forum LPMK Kota Blitar Bagikan 1500 Takjil Gratis

Perlu dicatat bahwa kenaikan terakhir tarif listrik untuk pelanggan nonsubsidi terjadi pada 1 Juli 2022. Kenaikan tersebut berlaku untuk sejumlah golongan daya dan sektor .

Meskipun demikian, dengan kebijakan yang telah ditetapkan, tidak ada kenaikan yang direncanakan hingga Juni 2024.(Red/kumparan)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News