Tips Penting Memilih Ikan Tongkol Agar Terhindar dari Racun Histamin

Avatar Of Tim Redaksi
Tips Penting Memilih Ikan Tongkol Agar Terhindar Dari Racun Histamin
Ikan Tongkol

Satujuang- Menurut penelitian dari Departemen Perikanan Fakultas Universitas Gadjah Mada, klaim bahwa ekor tongkol mengandung racun secara eksklusif tidak sepenuhnya benar.

Racun histamin yang umumnya terdapat pada tongkol dan famili Scombridae lainnya bisa terbentuk di beberapa bagian tubuh , tidak hanya terkonsentrasi pada ekor.

Tips Penting Memilih Ikan Tongkol Agar Terhindar Dari Racun Histamin

Histamin ini dihasilkan oleh bakteri yang mengubah asam amino histidin pada , terutama jika penanganan tidak sesuai atau terjadi kontaminasi.

Baca Juga :  Perayaan Hari Raya, Ini Macam Variasi Makanan Idul Fitri di Berbagai Negara

Histamin dapat ditemukan lebih tinggi di bagian daging dekat insang dan ekor, namun ini tidak bersifat eksklusif karena distribusi histamin bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor penanganan dan kondisi suhu.

Secara alamiah, bakteri pembentuk histamin hanya ada dalam jumlah kecil di dalam tubuh selama masih hidup, terkonsentrasi di insang, saluran pencernaan, dan permukaan kulit.

Baca Juga :  Mengenal Lebih Dekat Tradisi dan Makna Idul Fitri di Indonesia

Namun, asalkan segar dan ditangani dengan baik untuk menjaga kebersihannya, risiko terbentuknya racun histamin dapat diminimalkan.

Hal ini menekankan pentingnya memilih yang masih segar, dengan ciri-ciri mata dan insang yang terlihat segar, tanpa bau busuk, serta tekstur yang kenyal.

Baca Juga :  Mengatasi Rasa Rindu Keluarga di Hari Raya: Tips bagi yang Tidak Bisa Mudik

Penanganan dengan menjaga suhu rendah dan mencegah kontaminasi juga krusial untuk menghindari pembentukan histamin yang berpotensi menyebabkan reaksi alergi seperti gatal-gatal, lemas, sakit kepala, atau muntah-muntah jika dikonsumsi dalam jumlah besar oleh manusia.(Red/kompas)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News