Warga Antusias Ramaikan Grebeg Pancasila Yang Digelar Pemkot Blitar

Avatar Of Wared
Warga Antusias Ramaikan Grebeg Pancasila Yang Digelar Pemkot Blitar
Kirab Gunungan Limo Dalam Kegiatan Grebeg Pancasila Pemkot Blitar

Satujuang- Kirap Gunungan Lima menjadi agenda rutin saat peringatan Grebeg yang diselenggarakan Pemkot Blitar, Warga Blitar nampak antusias mengikuti kegiatan dalam Grebeg yang digelar Pemkot Blitar itu, Sabtu (1/6/24).

Kirab Gunungan Limo adalah arak-arakan tumpeng dari hasil bumi atau hasil . Gunungan Limo itu sebagai gambaran simbol lima sila dalam .

Warga Antusias Ramaikan Grebeg Pancasila Yang Digelar Pemkot Blitar

Kirab Gunung Limo berangkat usai prosesi upacara dari alun-alun Kota Blitar menuju Makam .

Sesampainya di area Makam , Gunungan Limo itu menjadi rebutan ribuan masyarakat yang hadir untuk mendapatkan isi Gunungan Limo.

Wali Kota Blitar, Drs H Santoso, menjelaskan, di hari yang bersejarah ini seluruh negara di dari Sabang sampai Merauke melaksanakan peringatan hari lahir , hanya di kota Blitar inilah tokoh penggali sekaligus Proklamator dan Presiden pertama Republik Yaitu di semayamkan.

Baca Juga :  Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya Tiba di Kota Blitar

“Kota Blitar juga memiliki nilai istimewa, memiliki sejarah erat dengan lahirnya Keputusan Presiden Nomor 24 tahun 2016 tentang hari lahirnya , mengingat dari Bumi inilah sebagai hari lahir dan diperingati secara ,” jelas Walikota Blitar Santoso.

Santoso mengingatkan, lewat perjuangan panjang, para tokoh-tokoh masyarakat kota Blitar para seniman, para budayawan, akhirnya aspirasi masyarakat kota Blitar dapat diterima dan tepat pada tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai hari lahirnya yang diperingati oleh seluruh bangsa .

Baca Juga :  Peringatan Hari Jadi ke-118 Kota Blitar: Keren, Meriah, dan Inspiratif

“Tahun ini peringatan hari lahir mengangkat tema “ Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Tahun 2045″, tema ini sangat relevan dengan realitas Kebhinekaan yang memerlukan semangat persatuan dan kesatuan bangsa,” terangnya.

Lebih lanjut Santoso mengatakan, Kemudian yang terpenting saat ini kita menyongsong pesta adalah semangat persatuan dan kesatuan hal ini sejalan dengan sila ke-3 dari .

Dengan semangat persatuan kita berharap Pilkada serentak ini dapat berjalan tidak hanya luber dan jurdil, tapi juga benar-benar menjalankan sebagai sarana , substansial yang berintegritas, bermartabat serta membawa peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga :  Wali Kota Blitar Kukuhkan 31 Pejabat Fungsional Rumpun Kesehatan

“Peringatan hari lahir ini harus dijadikan sebagai momentum bagi kita semua, baik pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda dan seluruh masyarakat kota Bliar,” paparnya.

Walikota Blitar mengajak Masyarakat, terus berjuang dari masyarakat yang religius, masyarakat yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, masyarakat yang mengutamakan persatuan dan prinsip-prinsip kerakyatan sekaligus masyarakat yang mampu untuk mewujudkan keadilan .

Untuk informasi, rangkaian Kegiatan Grebeg di Kota Blitar diakhiri dengan Kenduri di Makam setelah kirab Gunungan Limo. (ADV/kmf/Herlina)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News