Ekbis  

Ada Optimalisasi, Begini Perubahan Strategis Subsidi LPG 3 Kg

Avatar Of Tim Redaksi
Kini Beli Gas Lpg 3 Kg Harus Pakai Ktp Mulai 1 Juni 2024, Pertamina Perketat Syarat Pembelian Lpg 3 Kg Perubahan Subsidi Lpg 3 Kg, Sistem Tertutup Mulai 2027 Ada Optimalisasi, Begini Perubahan Strategis Subsidi Lpg 3 Kg
LPG 3 Kg

Satujuang- Eddy Soeparno, Wakil Ketua Komisi VII , mengumumkan rencana subsidi LPG 3 kg melalui pembayaran uang tunai langsung kepada masyarakat telah dibahas dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Menurutnya, ide untuk mengubah penyaluran subsidi ini berasal dari Komisi VII dan ESDM. ESDM telah menyetujui pelaksanaan rencana ini mulai tahun 2026 untuk menghindari disparitas harga di .

Ada Optimalisasi, Begini Perubahan Strategis Subsidi Lpg 3 Kg

Saat ini, upaya penyaluran subsidi LPG 3 kg difokuskan pada pendataan menggunakan .

Baca Juga :  Harga Tiket Kapal Antar Provinsi di Karimun Naik, Hingga 30 Persen

Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa subsidi hanya diberikan kepada masyarakat yang terdata dan terverifikasi sebagai penerima yang berhak.

Eddy menegaskan bahwa data tersebut akan disinkronkan dengan Data Terpadu Kesejahteraan (DTKS) untuk memastikan keakuratannya.

Eddy menekankan bahwa penyaluran atau subsidi dari negara kepada masyarakat harus didasarkan pada data yang akurat, khususnya menggunakan DTKS sebagai panduan.

Baca Juga :  Saham 4 Bank Besar Melonjak Tinggi, Dana Asing Ikut Mengucur Deras

Ia juga meminta untuk memperbarui dan memastikan keakuratan data tersebut.

Sementara itu, sedang berupaya untuk mengurangi kebocoran subsidi LPG 3 kg dengan mensyaratkan penggunaan saat pembelian.

Namun, pendekatan ini masih menuai kritik, dengan sejumlah pihak seperti Yusuf Wibisono dari Institute for Demographic and Poverty Studies (Ideas) mengusulkan pembangunan jaringan yang lebih luas sebagai solusi yang lebih efektif dan adil untuk menekan beban subsidi LPG 3 kg.(Red/tempo)